nusabali

Dorong Percepatan Reformasi Birokrasi, KemenPAN RB Lakukan MoU dengan UID

  • www.nusabali.com-dorong-percepatan-reformasi-birokrasi-kemenpan-rb-lakukan-mou-dengan-uid

DENPASAR, NusaBali - Mendorong percepatan dan akselerasi birokrasi serta digitalisasi di pemerintahan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) menjalin kerjasama dengan Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID). Penandatangan Nota Kesepakatan Kerjasama dilaksanakan Jumat (17/11) bertempat di Auditorium Awan UID Bali Campus, Kura-Kura Bali, Denpasar.

Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyatakan sebelum penandatanganan MoU kemarin,  pihak UID sudah datang ke  KemenPAN RB. “Kita sedang mendorong digitalisasi di pemerintahan. UID menjadi salah satu lembaga yang sangat baik memberikan pelatihan-pelatihan. Maka kami bekerjasama dengan UID,”  katanya usai penandatanganan kerjasama tersebut.

MenPAN RB menyatakan  segera mendorong, agar digitalisasi dan Program Birokrasi Berdampak bisa berjalan. Tidak hanya melibatkan LAN (Lembaga Administrasi Negara), BKN (Badan Kepegawaian Negara), tetapi juga lembaga-lembaga swasta yang sangat baik.  UID salah satunya yang punya kapasitas dan mentor yang baik. Termasuk pusat-pusat pendidikan.

Ditegaskan birokrasi itu merupakan engine-nya (mesin) pelayanan. “Kalau birokrasinya baik, tata kelolanya bagus, kama masalah-masalah negara ini akan banyak diberesi,” tegasnya. Misalnya penangangan kemiskinan, mendorong investasi. Untuk  mewujudkan birokasi yang baik, berdampak dan digital harus dilakukan secara bergotong   royong.

Karena itulah Menteri Abdullah Azwar  Anas menyampaikan pihaknya jemput bola pada lembaga-lembaga pendidikan yang bagus. “Dimana pun yang bagus lembaga-lembaga pendidikan, yang keren saya jemput bola,” ungkapnya. Karena menyelesaikan urusan bangsa dan mendorong birokrasi yang baik dan digital tak bisa sendiri. Butuh gotong royong melibatkan banyak pihak.

Sementara Ketua Yayasan UID, Tantowi Yahya  menyatakan merasa berbahagia UID ditunjuk oleh pemerintah, dalam hal ini KemenPAN -RB, sebagai mitra, dalam mendorong proses reformasi birokrasi dan pembangunan pemerintahan berbasis elektonik.

“Kami sangat percaya dengan pengalaman panjang serta modul-modul pendidikan kami yang berbasis pengembangan kapasitas dan juga pembangunan berkelanjutan dapat mempercepat atau akselerasi dalam pencapaian pembangunan dan pelayanan publik, sebagaimana yang dilaksanakan KemenPAN-RB saat ini,” ujarnya. UID  telah berkolaborasi  dengan berbagai kabupaten/kota dalam mengupayakan  transformasi ASN  melalui membangun kepemimpinan sadar dan gotong royong. Kolaborasi kerjasama dengan KemenPAN RB,  merupakan upaya gotong royong dalam mewujudkan  birokrasi yang profesional, terintegrasi dan mampu memberikan pelayanan yang akuntable. 7 k17

Komentar