nusabali

Jaya Negara Dianugerahi Bintang LVRI

Walikota Pimpin Apel Peringatan Hari Puputan Margarana di Denpasar

  • www.nusabali.com-jaya-negara-dianugerahi-bintang-lvri

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara memimpin apel peringatan Hari Puputan Margarana di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Jumat (17/11).

Apel ini juga dirangkaikan dengan napak tilas, kirab Pataka Panji-panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara menerima penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yakni Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia yang telah berjasa secara luar biasa untuk perkembangan dan kemajuan LVRI.  

Hadir Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, Kajari Denpasar Agus Setiadi, Dandim 1611/Badung Letkol Arh Teguh Waluyo, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, OPD Pemkot Denpasar dan OPD Kabupaten Gianyar, veteran, organisasi, dan masyarakat.

Walikota Jaya Negara mengatakan, nampak tilas ini merupakan kegiatan untuk mengenang perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Pulau Bali. Sehingga para siswa yang ikut mengikuti nampak tilas ini diharapkan memiliki semangat perjuangan seperti pahlawan.

“Saya harapkan ke depanya peserta yang mengikuti nampak tilas ini bisa lebih banyak lagi, karena tidak semua kota memiliki sejarah historis perjuangan dari pahlawannya. Bali memiliki pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai yang terkenal dengan semangat Puputan Margarana. Jadi generasi muda Denpasar harus memiliki semangat yang gigih dalam membangun Denpasar maupun Bali untuk Indonesia,” kata Jaya Negara.

Kabag Kesra Setda Kota Denpasar IB Alit Surya Antara, mengatakan apel  dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Puputan Margarana 2023.  Acara ini juga diisi dengan serah terima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Gianyar.

Setelah itu dilanjutkan dengan gerak jalan yang diikuti 10 regu yang dimulai dari depan Museum Bali menuju Puri Kesiman. Setelah peserta napak tilas tiba di Puri Kesiman, dilanjutkan dengan sarasehan dan akhir acara pada malam hari akan diadakan pementasan musik.  mis

Komentar