nusabali

ITB STIKOM Bali Dipercaya BKN Jadi Lokasi Tes CASN, Miliki Infrastruktur dan SDM TI Andal

  • www.nusabali.com-itb-stikom-bali-dipercaya-bkn-jadi-lokasi-tes-casn-miliki-infrastruktur-dan-sdm-ti-andal

DENPASAR, NusaBali.com - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali dipercaya oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai rekanan swasta penyelenggara dan penyedia sarana prasarana Computer Assisted Test (CAT) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Provinsi Bali selama 9-26 November 2023.

Sekolah teknologi informasi (TI) di Jalan Puputan Nomor 86 Niti Mandala, Denpasar ini jadi satu-satunya rekanan swasta yang dipercayai BKN melalui Kantor Regional X di Pulau Dewata. Kata Dr H Dadang Hermawan, Rektor ITB STIKOM Bali, kepercayaan ini menjadi pembuktian kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia di institusinya itu.

"Di Bali, kami satu-satunya (rekanan swasta BKN untuk CAT CASN). Tempat lainnya tentu dilaksanakan di Kantor Regional BKN dan khusus bidang kesehatan itu di Poltekkes," ujar Dadang ketika dijumpai di Kampus ITB STIKOM Bali di Denpasar, Jumat (17/11/2023) sore.

Tes CASN yang berlangsung sejak Kamis (9/11/2023) lalu ini diikuti antara 9.000-12.000 peserta. Yang mengikuti tes tidak hanya pelamar CASN tetapi juga untuk rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Setiap harinya, peserta yang dites bisa mencapai 900 orang.

Eko Indra Wahyudi, Ketua Panitia Pelaksana Tes CASN Regional X menjelaskan, ITB STIKOM Bali menyiapkan 318 perangkat komputer untuk CAT. Sehingga, satu shift tes itu bisa dilakukan oleh 300 peserta yang satu harinya maksimal dilakukan tiga kali shift tes.

Mekanisme tes CASN ini, kata Eko Indra, dilakukan dengan sangat ketat dan bersistem keamanan tinggi. Mulai dari meja registrasi, peserta dipastikan dulu bahwa mereka benar-benar peserta tes bukan joki. Sebelum masuk ke ruangan tes, ada pula prosedur body checking, memastikan tidak ada potensi kecurangan.

"Di meja registrasi itu adalah tim dari ITB STIKOM Bali yang telah dilatih BKN. Kemudian, ada pula tim lain dari ITB STIKOM Bali yang ditempatkan di lini tertentu dan tidak bisa kami bocorkan," beber Eko Indra ketika dijumpai di sela pelaksanaan tes CASN.

Lanjut Eko Indra, ada tiga faktor mengapa BKN mempercayakan kegiatan sekompleks dan bersistem serahasia ini kepada ITB STIKOM Bali. Selain karena infrastruktur dan SDM yang tidak perlu dipertanyakan lagi, lokasi kampus yang berada di ring satu atau di dalam areal Niti Mandala adalah faktor lainnya.


Foto: Tim registrasi tes CASN di ITB STIKOM Bali. -RATNADI

Dengan lokasi di ring satu ini, BKN dan instansi pemerintahan lainnya bisa dengan mudah mem-backup apabila diperlukan. Di samping itu, ring satu biasanya sangat jarang terjadi pemadaman listrik yang menjadi problem paling dikhawatirkan terjadi saat CAT.

Meski begitu, tidak sembarang rekanan yang bisa dipercaya BKN. Sebelumnya, tes CASN dengan CAT semacam ini biasanya diselenggarakan di Makodam TNI-AD atau gedung pemerintahan lain. Namun, untuk efisiensi tes CASN, digandenglah rekanan yang memenuhi kriteria BKN.

ITB STIKOM Bali sendiri ditunjuk jadi rekanan penyelenggara dan penyedia sarana prasarana lantaran memenuhi kriteria yang diperlukan BKN. Rektor Dr Dadang menegaskan, kegiatan yang memerlukan persiapan khusus ini hanya dilakukan di tempat yang terjamin keamanannya.

"Ini adalah kepercayaan luar biasa yang diberikan kepada kami. Acara ini benar-benar memerlukan penanganan yang sangat detail dan berkeamanan tinggi. Sampai-sampai gedung kami harus steril," imbuh Dr Dadang.

Lanjut akademisi kelahiran Bandung, Jawa Barat ini, selain keamanan dari sistem BKN sendiri yakni CAT yang dicitrakan melalui satelit Telkomsat bukan internet biasa, tim ITB STIKOM Bali turut mendukung frontliner dan khususnya backliner. ITB STIKOM Bali sendiri sudah memiliki computer security dan computer forensics.

Namun, sebagai penyelenggara dan penyedia sarana prasarana CAT CASN, ITB STIKOM Bali tidak berwenang terhadap isi tes maupun hasilnya. Sistem sepenuhnya dikendalikan BKN sementara tim ITB STIKOM Bali bertugas mendukung kelancaran penyelenggaraan dan keamanannya termasuk potensi serangan hacker.

Untuk diketahui, CAT dalam tes CASN ini merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam rekrutmen ASN dan PPPK. Terdapat aspek lain yang dinilai untuk merekrut CASN. Pengumuman kelolosan CASN diperkirakan dilakukan pada Desember 2023 ini. Namun, hasil CAT sudah bisa langsung dilihat begitu tes berakhir.

Sementara itu, kegiatan perkuliahan di ITB STIKOM Bali disebut sama sekali tidak terganggu dengan gelaran tes CASN ini. Sebab, jelas Dr Dadang, perkuliahan daring dan hybrid sudah biasa dilakukan. Begitu pula jadwal ujian tengah semester yang berjalan seperti biasa melalui sistem daring yang sudah terselenggara. *rat

Komentar