nusabali

Jadi Tuan Rumah KMI Expo, Undiksha Janjikan Beasiswa untuk Juara

  • www.nusabali.com-jadi-tuan-rumah-kmi-expo-undiksha-janjikan-beasiswa-untuk-juara

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, menjadi tuan rumah pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIV tahun 2023. Dalam pameran tersebut, sebanyak 273 perguruan tinggi berkompetisi untuk menampilkan inovasi produk yang dibuat mahasiswa.

Rektor Undiksha Singaraja, Prof Dr I Wayan Lasmawan mengatakan dalam gelaran pameran ini, pihaknya lebih memilih melaksanakan di ruang terbuka di Lapangan Sepakbola Undiksha. Kata dia, hal ini baru pertama kali dilakukan sepanjang KMI Expo dilaksanakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

"Ini expo yang pertama kali dilakukan luar ruangan. Jika selama ini KMI Expo I hingga XIII di dalam ruangan, kami sekarang diminta dan ditantang Direktorat Belmawa di luar ruangan," ujarnya ditemui usai pembukaan KMI Expo, Rabu (15/11), di Kampus Undiskha.

Dalam pameran tersebut, tercatat ada sebanyak 4.000 lebih kontingen yang dikirimkan oleh 273 perguruan tinggi se-Indonesia. Masing-masing perguruan tinggi tersebut, membawa hasil dari karya inovasi mahasiswa yang telah melewati hasil uji dan memenuhi standar ilmiah, serta bersifat inovatif.

Lasmawan menyebut, KMI Expo juga sebagai media bagi generasi muda untuk membuktikan diri sebagai inovator yang handal. Selain itu, dengan banyaknya peserta. Mereka akan bisa saling bertukar pikiran, dan pengalaman, sehingga para peserta bisa menciptakan produk inovasi yang lebih dari yang ditampilkan saat ini.

"Dengan ajang ini, mahasiswa dapat menunjukkan dan membuktikan dirinya bagaimana eksplorasi inovasi, bahkan hilirisasi ide untuk menjadi sebuah produk bernilai ekonomis," katanya.

Lasmawan menambahkan, mereka yang mendapat juara dari semua kategori yang dilombakan dalam expo ini akan diterima secara langsung menjadi mahasiswa Undiksha tanpa melalui tes. Selain itu, mereka yang menang akan dibebaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk di jenjang S1 dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) untuk di jenjang S2. @mzk

Komentar