nusabali

Duel Hidup Mati Tim Garuda Muda

Indonesia Vs Maroko

  • www.nusabali.com-duel-hidup-mati-tim-garuda-muda

SURABAYA, NusaBali - Laga Timnas Indonesia vs Timnas Maroko akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada, Kamis (16/11) malam ini.

Pertandingan hidup mati di matchday terakhir grup A Piala Dunia U17 2023 ini akan kick off pada pukul 19.00 WIB atau pukul 20.00 Wita. Pertandingan ini akan menjadi laga penentu bagi kedua tim untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Di klasemen Piala Dunia U-17 2023 Grup A, Maroko menempati posisi kedua. Mereka mengumpulkan tiga angka hasil kemenangan dari Panama. Sedangkan Indonesia ada di posisi ketiga dengan raihan dua poin. Grup A dikuasai oleh Ekuador dengan empat poin dan Panama mengumpulkan satu poin. Dengan komposisi klasemen Piala Dunia U-17 2023 Grup A itu, semua tim masih mempunyai peluang lolos.

Dua tim teratas akan lolos langsung ke babak 16 besar, sisa empat tiket diberikan kepada empat peringkat tiga terbaik. Sebelumnya Maroko menelan kekalahan 0-2 dari Ekuador pada pertandingan kedua. Timnas Indonesia U17 yang baru mengoleksi dua poin wajib meraih kemenangan dalam duel ini. Dua poin yang diperoleh Garuda Muda berkat hasil imbang di dua laga awal, yaitu saat melawan Ekuador dan juga Panama.

Sedangkan di sisi lain, Maroko mengawali Piala Dunia U17 2023 ini dengan positif usai meraih kemenangan 2-0 saat melawan Panama. Namun, pada laga kedua mereka harus tumbang saat melawan Ekuador dengan skor akhir 2-0. Oleh karena itu, tiga poin menjadi harga mati bagi kedua tim untuk bisa mulus melangkah ke babak 16 besar. Secara rekor pertemuan, Timnas Indonesia U17 dan Maroko belum pernah bertemu. Oleh karena itu, duel ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengingatkan anak asuhnya harus mengurangi kesalahan-kesalahan individu saat melawan Maroko dalam laga ketiga Grup A Piala Dunia U-17 yang di gelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. "Kami harus cepat counter press, kami akan tekan mereka sehingga tidak bisa berkembang. Tapi, kembali lagi, para pemain harus melakukan dengan baik, tinggal kurangi kesalahan-kesalahan individu," ujarnya di sela latihan tim di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Rabu.

Bima Sakti berpesan, bagi siapapun yang akan dipercaya sebagai pemain utama dalam laga melawan tim yang berjuluk Singa Atlas Muda tersebut harus tampil semaksimal mungkin. "Siapa pun yang dipercaya, mereka akan tampil 100 persen demi mengamankan lolos ke fase gugur," ucapnya. Selain itu, pelatih asal Balikpapan tersebut juga mengingatkan untuk tidak menganggap Maroko di bawah Ekuador atau Panama karena semua tim bagus.

"Kami lihat Maroko tim bagus, kami tidak boleh menganggap Maroko di bawah Ekuador atau Panama. Mereka semua sama," kata Bima Sakti. Namun, dirinya sudah mengetahui apa kelemahan dan kelebihan dari Timnas Maroko, sebagai acuan untuk menerapkan strategi permainan. "Mereka memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, organisasi permainan Maroko bagus dan pintar mainnya. Counter attack (serangan balik) juga sangat cepat," tuturnya. Oleh karena itu, dirinya memohon doa kepada masyarakat Indonesia, baik yang hadir langsung maupun di rumah, agar diberikan hasil yang terbaik.

"Mohon doanya masyarakat sepak bola Indonesia yang nonton langsung maupun lewat televisi, karena ini pertandingan penting. Kami berharap semuanya Bismillah bisa lolos ke fase berikutnya," ujar Bima Sakti. Sementara Pelatih Timnas Maroko U-17, Said Chiba, mengungkap bahwa Timnas Indonesia U-17 bukan lawan yang mudah. Lion Atlas menghadapi laga hidup-mati dengan Garuda Muda. Chiba mengamati hasil pertandingan Indonesia melawan Ekuador dan Panama. Tim Merah-Putih bermain imbang dalam dua laga itu. Chiba pun menganggap Indonesia akan menjadi lawan yang berat.

"Ini tidak akan menjadi pertandingan yang mudah bagi kami. Mereka menunjukkan organisasi yang baik, individualitas yang baik, pemain yang baik secara teknis. Kami harus menaruh respek kepada Indonesia," ucap Said Chiba dilansir detik.com. Tentu saja, ini akan menjadi pertandingan baru untuk lolos ke babak berikutnya. Apa yang mereka tunjukkan pada pertandingan pertama adalah sesuatu yang sangat bagus.

Dalam laga ini, Indonesia harus waspada, sebab Maroko memiliki beberapa pemain yang membela klub Eropa, di antaranya Adam Boufandar (Juventus), Naoufel El Hannach (PSG), Anas Alaoui (Eintracht Frankfurt), hingga Amine Ezzarhouni (Lille). Nama-nama itu tentu saja sudah terbiasa dengan situasi kompetitif Eropa. 7 ant

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN
Maroko U17 (4-1-4-1): Taha Benrhozil; Naoufel El Hannach, Abdelhamid Ait Boudlal, Ismail Bakhti, Fouad Zahouani; Mohamed Amine Katiba; Ayman Ennair, Mehdi Akoumi, Ayoub Chaikhoun, Mohamed Hamony; Zakaria Ouazane. Pelatih: Said Chiba.

Indonesia U17 (4-3-3): Ikram Al Giffari; Welberl Jardim, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Habil Akbar; Hanif Ramadhan, Figo Dennis, Amar Brkic; Nabil Asyura, Arkhan Putra Kaka, Riski Afrisal. Pelatih: Bima Sakti.

Komentar