nusabali

Jegeg Bali 2023 dan Runner Up V Bagus Bali 2023 Dimenangkan oleh Jegeg Bagus Tabanan

  • www.nusabali.com-jegeg-bali-2023-dan-runner-up-v-bagus-bali-2023-dimenangkan-oleh-jegeg-bagus-tabanan

TABANAN, NusaBali.com - Jegeg Bali 2023 dan Bagus Bali Berpenampilan Terbaik 2023 berhasil disandang oleh Jegeg Bagus Tabanan 2023, Ni Putu Kartika Stithapradnya dan Kadek Anggi Putra Sastrawan.

Keduanya berhasil meraih prestasi tersebut dalam babak Grand Final Jegeg Bagus Bali 2023 yang dilangsungkan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar pada Jumat  (11/11/2023).

Gelaran Pasemetonan Jegeg Bagus Bali yang berada di bawah naungan Dinas Pariwisata Provinsi Bali ini menjadi bukti penampilan apik Stitha dan Anggik. Wakil Tabanan ini berhasil mempertahankan posisi 6 besar dan terus melaju hingga tahap 3 besar di ajang bergengsi ini.

Selain menjadi pemenang Jegeg Bali 2023, Stitha juga dinobatkan sebagai Jegeg Bali Favorit 2023 dan Duta Edukasi QRIS 2023. Sedangkan, Anggik  yang menjadi Bagus Bali Berpenampilan Terbaik 2023 adalah Runner Up V Bagus Bali 2023.

Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Tabanan. Hal ini menunjukkan bahwa pemuda-pemudi Tabanan memiliki potensi yang besar untuk menjadi duta wisata dan budaya yang mampu mempromosikan pariwisata dan budaya Bali ke kancah internasional. Prestasi yang diraih Jegeg Bagus Tabanan tidak lepas dari dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan.

Pemerintah Kabupaten Tabanan telah memfasilitasi seluruh proses perjalanan Stitha dan Anggik dalam Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023. Sedangkan, Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan telah mempersiapkan penampilan terbaik Stitha dan Anggik dengan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari technical meeting, pra-karantina, karantina, hingga grand final.

“Persiapan ini tidaklah mudah, banyak hal yang kita lakukan dari awal seperti pembuatan panitia, persiapan latihan, persiapan bakat,” ujar I Gede Sukarya SM, selaku Ketua Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan, Minggu (13/11/2023).

Tim yang telah dinilai  sudah bekerja keras dengan arahan dari seluruh pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan untuk memperhalus jalannya Jegeg Stitha dan Bagus Anggik. “Seluruh tim dan pengurus inti lainnya telah bekerja keras demi kelancaran Jegeg Stitha dan Bagus Anggik yang diiringi dengan arahan dan pesan-pesan seluruh dewan pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan,” tambah Gede Sukarya.

Wakil Tabanan ini tampil luar biasa selama kegiatan Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023. Sebelumnya sejumlah dilalui saat Pra-Karantina yang diisi dengan materi seputar pariwisata, kesehatan, isu sosial, Focus Group Discussion, psikologi, dan penampilan; kegiatan Karantina seperti pertunjukan bakat, deep interview, dan preliminary competition.

Penampilan bakat yang telah ditampilkan pada Minggu (29/10/2023) di Dinas Pariwisata Provinsi Bali sangatlah apik. Dengan mengusung ‘Munggah Nini’ yang diimplementasikan dengan ‘Menini Pantun’, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik sukses menggambarkan rasa suka cita atas panen yang berlimpah dan mampu mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur dan menikmati hasil panen atas rahmat Tuhan.

Tidak sampai di situ, Jegeg Bagus Tabanan juga mengikuti Prelimanary Competition yang diselenggarakan pada Minggu (5/11/2023) di Gedung Ksirarnawa, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik tampil menawan dengan evening gown yang didesain oleh I Putu Agus Suraditya bertemakan ‘Rentjana Triasih’ yang berartikan harapan penuh cinta, kasih sayang, dan ketulusan dengan makna keteguhan hati.

“Warna ungu melambangkan makna intim dan anggun serta indah sebagai lambang rasa keharmonisan yang berkaitan dengan Tri Hita Karana sebagai pondasi utama keselarasan kehidupan manusia, alam dan Tuhan,” terang Agus Suraditya.

Hingga pada Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik mampu menampilkan suguhan yang apik. Mengangkat Kecamatan Penebel pada Tourism Speech, Jegeg Stitha dan Bagus Anggik menyebarkan informasi terkait promosi pariwisata unggulan Kecamatan Penebel seperti Daya Tarik Wisata Jatiluwih, Pura Luhur Batukau, hingga makna yang tersirat di dalam pariwisata unggulan tersebut. Wisata kuliner di Kecamatan Penebel juga dibahas, seperti kelezatan bubur dan teh beras merah hasil produksi Kecamatan Penebel.

Kegiatan yang diikuti Jegeg Stitha dan Bagus Anggik ini sangat didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan. Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan yang sebagai perpanjangan tangan dari Bupati Tabanan juga turut andil dalam memfasiitasi seluruh proses perjalanan Jegeg Stitha dan Bagus Anggik dalam Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2023.


Rasa syukur dan bangga pun disampaikan oleh Andri Purwanto, selaku salah satu pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan, “Selamat kepada Anggik yang telah meraih Runner Up V Bagus Bali 2023 dan Bagus Bali Berpenampilan Terbaik 2023, dan Stitha khususnya sudah berhasil kembali meraih Jegeg Bali 2023 sekaligus Jegeg Bali Favorite 2023.”

Sesuai dengan jargon yang digaungkan ‘Jaya Jayaning Triasih’ diharapkan Jegeg Bagus Tabanan yang diwakili oleh Jegeg Stitha dan Bagus Anggik mampu membawa kejayaan di masa kini dan mencerminkan kejayaan era baru. Harapan ini dipertegas kembali oleh dewan pembina Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan untuk dapat selalu bertanggung jawab atas tugas dan kepercayaan yang telah diberikan dan mampu menjadi role model yang positif di Kabupaten Tabanan maupun di Provinsi Bali.

Prestasi yang diraih Jegeg Bagus Tabanan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemuda-pemudi lainnya di Kabupaten Tabanan untuk terus mengembangkan potensi diri dan berkarya untuk kemajuan daerah. Jegeg Stitha dan Bagus Anggik juga diharapkan dapat menjadi role model yang positif bagi generasi muda, khususnya dalam bidang pariwisata dan budaya.

Komentar