nusabali

Fornakes Bangli Gelar Peringatan HKN

  • www.nusabali.com-fornakes-bangli-gelar-peringatan-hkn

BANGLI, NusaBali - Forum Tenaga Kesehatan (Fornakes) Kabupaten Bangli menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 di Alun-alun Bangli, Minggu (12/11). Peringatakan dihadiri Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta.

Hadir pula Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Ketua TP PKK Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, Ketua YKI Kab Bangli Ny Suciati Diar, Ketua Gatriwara Ny Ayu Sukma Suastika, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli dr I Nyoman Arsana, serta undangan lain.

Ketua Panitia HKN ke 59 Tahun 2023 Ns I Putu Arsila SKep mengatakan tema  HKN tahun 2023  yakni Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Peringatan tahun ini bertujuan sebagai momentum untuk membangun kesadaran masyarakat indonesia tentang betapa pentingnya kesehatan, terutama setelah kita bersama-sama melewati pandemi covid-19 yang berdampak luar biasa bukan hanya di bidang kesehatan tapi di seluruh aspek kehidupan & peradaban manusia.

"Untuk peringatan HKN di Kabupaten Bangli tahun ini, diinisiasi oleh Forum Tenaga Kesehatan yang tergabung kedalam (FORNAKES) di Kabupaten Bangli.  Kami mengangkat sub tema Bangli jengah untuk melakukan transformasi kesehatan demi pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik, dengan meningkatkan sinergisitas seluruh potensi sumber daya yang dimiliki. Salah satunya adalah potensi SDM bidang Kesehatan," jelasnya.

Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HKN, diawali kegiatan ilmiah berupa penyuluhan kepada masyarakat luas melalui media kekinian yakni podcast tentang Penatalaksanaan Gigitan HPR dan Perawatan pasien rabies pada 7 Nopember 2023. Sinergisitas antara Dinkes, RSUD Bangli, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan.


Puncak HKN ke 59 pada Minggu (12/11) di Alun – alun Kota Bangli, diisi kegiatan Family Gathering & Fun Game, senam bersama, hiburan musik dari band D&G anggota Fornakes Bangli. Kegiatan Bakti sosial berupa Donor darah, cek kesehatan gratis berupa pengecekan gula darah, kolesterol, dan pemeriksaan tekanan darah. Disamping itu dilaksanakan Penyerahan dana tali kasih untuk anggota yang sakit berat/cacat permanen/sepuh. "Perlringatan HKN ini menjadi momentum FORNAKES Bangli bisa berkontribusi lebih baik lagi bagi pembangunan kesehatan di Kabupaten Bangli ke depan," sebutnya.

Ketua FORNAKES dr I Dewa Gede Oka Darsana SpAn menyampaikan rangkaian acara peringatan HKN ini menjadi sangat penting sebagai momentum untuk selalu ingat pada pahlawan pendahulu terutama pahlawan kesehatan. Bagi anggota Forum Tenaga Kesehatan di sela-sela tugasnya semua anggota FORNAKES setia memberikan pelayanan  kesehatan di tempat tugas masing-masing, serta senantiasa tetap bekerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta mendukung pembangunan di Kabupaten Bangli khususnya pembangunan di Bidang Kesehatan. "Hari Kesehatan Nasional (HKN) selalu menjadi pengingat kebersamaan seluruh komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan di Indonesia," jelasnya.

Peserta yang hadir dalam HKN ke-59 tahun 2023 adalah seluruh anggota Fornakes se- Kabupaten Bangli. Forum ini beranggotakan 15 Organisasi Profesi Bidang Kesehatan di Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, sesuai tema Hari Kesehatan Nasional ini yaitu Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju, Pemkab Bangli terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Bangli. Karena kesehatan merupakan salah satu program prioritas, baik pemerintah pusat maupun daerah.

Jelasnya, semangat dan komitmen Pemkab Bangli pada dua tahun terakhir ini untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bangli. Baik itu melalui peningkatan kualitas hidup sehat, melalui pencegahan- pencegahan, pengetahuan tentang kesehatan dan tindakan- tindakan di layanan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Bangli. Salah satunya adalah pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Bangli yang saat ini sudah dalam pembangunan tahap kedua yang dalam satu bulan ke depan sudah akan selesai. "Rencana akan dilanjutkan pada tahun depan pembangunan gedung 3 yang sepenuhnya dibantu dengan dana DAK oleh Kementerian Kesehatan," kata Bupati Sedana Arta.@7esa

Komentar