nusabali

Semarak Puri Bunda Festival 2023, Perkuat Peran Ayah dan Edukasi Kesehatan Reproduksi

  • www.nusabali.com-semarak-puri-bunda-festival-2023-perkuat-peran-ayah-dan-edukasi-kesehatan-reproduksi
  • www.nusabali.com-semarak-puri-bunda-festival-2023-perkuat-peran-ayah-dan-edukasi-kesehatan-reproduksi
  • www.nusabali.com-semarak-puri-bunda-festival-2023-perkuat-peran-ayah-dan-edukasi-kesehatan-reproduksi

DENPASAR, NusaBali.com - RSIA Puri Bunda menggelar Semarak Puri Bunda Festival 2023 di Taman Kota Lumintang, Denpasar, Minggu (12/11/2023). Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut HUT ke-20 Puri Bunda, Hari Kesehatan Nasional, dan Hari Ayah Indonesia.

Rangkaian kegiatan Semarak Puri Bunda Festival 2023 meliputi senam hamil, dance cardio, band performance, cek tensi gula darah, lomba bayi merangkak, mewarnai, fashion show, dan ayah siaga.

"Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya ibu hamil, tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi," ujar dr Made Suyasa Jaya SpOG(K), Komisaris PT Puri Bunda.

Komisaris PT Puri Bunda, dr Made Suyasa Jaya SpOG(K), saat memberikan sambutan acara 'Semarak Puri Bunda Festival 2023', Minggu (12/11/2023). -MAO

Menurut dr Suyasa, peran ayah dalam keluarga juga perlu ditingkatkan. "Banyak event-event yang melibatkan ibu, bayi, dan ayah. Ini untuk memaksimalkan peran ayah," ujarnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan peran ayah adalah dengan mengadakan lomba ayah siaga. Lomba ini diikuti oleh para ayah yang membedong bayi berbentuk boneka.

"Lomba ayah siaga ini untuk melatih keterampilan ayah dalam merawat bayi," ujar dr Suyasa.

Pada acara yang dilangsungkan mulai pkul 06.00 Wita ini sebanyak 20an ibu-ibu memang terlihat antusias mengikuti senam hamil.  Senam ini dinilai bermanfaat untuk memperkuat otot-otot dasar panggul, sehingga ibu hamil dapat lebih siap menghadapi persalinan.

"Senam hamil kami ingin mengikuti persalinan alami atau normal. Sebuah peristiwa luar biasa bagi kehidupan wanita. Sakitnya luar biasa, persalinan 100 persen tenaga ibu. Murni power ibu itu sendiri," ujar dr Suyasa.

"Jadi ibu harus tangguh tidak boleh cengeng, sehingga lewat kegiatan senam hamil bisa memperkuat otot-otot dasar panggul untuk saat ngeden lebih kuat," imbuhnya.

Selain memperkuat otot dasar panggul, senam hamil juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan mempersiapkan mental ibu hamil untuk menghadapi persalinan.

"Dampak psikologis banyak. Mulai mengenalkan bagaimana ibu melahirkan," ujar dr Suyasa.

Semarak Puri Bunda Festival 2023 mendapat sambutan positif dari masyarakat. Puri Bunda pun berencana untuk menggelar kegiatan ini  secara rutin. "Dampak kegiatan ini bagus, banyak informasi kesehatan reproduksi dan memberi pengetahuan kepada ayah bunda," tuntas dr Suyasa.


Komentar