nusabali

Pemprov Diminta Dukung Dana PON

KONI Badung Anggap Cari Sponsor Sangat Sulit

  • www.nusabali.com-pemprov-diminta-dukung-dana-pon

Hingga kini keberangkatan atlet ke PON sepenuhnya dibiayai Pemprov Bali. Sedangkan mencari sponsor swasta sangat sulit, dan tidak seperti provinsi lainnya di luar Bali.

MANGUPURA, NusaBali
KONI Badung meminta Pemprov Bali all out mendukung pendanaan para atlet yang lolos PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara. Hal itu agar para atlet yang telah berjuang keras dalam kualifikasi PON dapat menampilkan yang terbaik dan memberikan medali emas bagi Bali.

Ketua Umum KONI Badung, I Made Nariana menerangkan, jika tidak ada dukungan besar dan all out dari Pemprov Bali, maka kendala besar menghadang atlet Bali dalam perjuangan di PON 2024. Hingga kini keberangkatan atlet ke PON sepenuhnya dibiayai Pemprov Bali. Sedangkan mencari sponsor swasta sangat sulit, dan tidak seperti provinsi lainnya di luar Bali. 

"Tantangan terbesar adalah dana, finansial. Kalau soal fanatisme atlet Bali saya pastikan itu sangat tinggi untuk membela daerahnya," ungkap Nariana, Sabtu (11/11)

Selain masalah anggaran PON, kata Nariana, peluang Bali kembali mempertahankan peringkat lima besar atau mengulang sukses PON Papua cukup sulit. Hal tersebut karena dalam PON 2024 terdapat dua tuan rumah, yang juga memburu peringkat atas. 

Meski sulit bertahan di posisi lima besar, kata Nariana, pihaknya tetap optimistis dengan raihan medali Bali akan meningkat, terlebih cabor yang dipertandingkan pada PON 2024 juga cukup banyak dibandingkan PON Papua. 

"Cabor baru saat ini banyak yang dipertandingkan, dan Bali juga ikut di dalamnya dan berpotensi meraih emas. Itu menyebabkan medali kita akan meningkat dari 28 emas di Papua, meningkat di PON 2024. Tapi peningkatan medali itu, belum tentu juga kita bisa tetap ada di rangking lima besar, karena ada dua tuan rumah sekarang, Sumut dan Aceh" kata Nariana

Karena itu, kata Nariana, pihaknya juga meminta para atlet Bali yang mengantongi tiket PON 2024 agar seluruhnya dapat berangkat, dan tidak ada lagi polemik soal masalah anggaran. Bila atlet yang lolos diseleksi lagi karena anggaran, hal tersebut akan mematahkan motivasi para atlet yang selama ini mengobarkan semangat puputan dalam Kualifikasi demi meraih tiket PON 2024. 

"Karena itulah saya berharap Pemprov konsen untuk mendukung dan mendanai atlet PON," kata Made Nariana. dar

Komentar