nusabali

Pelepasan Napak Tilas Pemuda Ikuti Jejak I Gusti Ngurah Rai

Sekda Dewa Indra Ajak Teladani Nilai-nilai Kepahlawanan

  • www.nusabali.com-pelepasan-napak-tilas-pemuda-ikuti-jejak-i-gusti-ngurah-rai

DENPASAR, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Jumat (10/11).

Sekda Dewa Indra mengajak masyarakat terus meneladani nilai-nilai kepahlawanan. Upacara tersebut juga dirangkaikan dengan pelepasan pasukan Pemuda Panca Marga untuk napak tilas perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang gugur dalam peristiwa Puputan Margarana tahun 1946.

Dewa Indra mengatakan, nilai-nilai kepahlawanan seperti kerja keras, gotong royong, pantang menyerah, dan rela berkorban akan selalu relevan sepanjang zaman. "Apapun musuh yang dihadapi nilai-nilai kepahlawanan tersebut kita teladani dan implementasikan," ajaknya.

Dewa Indra melanjutkan, pada zaman penjajahan musuh kita adalah kaum penjajah, namun dewasa ini musuh bersama kita adalah kemiskinan, kebodohan, dan ketertinggalan. Karena itu mentalitas para pahlawan harus ditiru dan diimplementasikan.

“Strategi yang kita gunakan menghadapinya tentu saja berbeda di setiap zamannya, tapi mentalitas yang kita gunakan untuk memerangi itu sama yaitu kerja keras, pantang menyerah, rela berkorban. Spirit kepahlawanan ini kita teladani dan lakukan dalam menghadapi setiap musuh yang kita hadapi,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Dewa Indra. Tri Rismaharini mengatakan segala ancaman dan tantangan akan dapat ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

"Para pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan, nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan," kata mantan Walikota Surabaya seperti dibacakan Sekda Dewa Indra.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 Provinsi Bali juga dirangkaikan dengan pelepasan pasukan Pemuda Panca Marga untuk napak tilas perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang gugur dalam peristiwa Puputan Margarana tahun 1946.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang mengangkat tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’ diikuti oleh jajaran Forkopimda, ASN dan Non ASN Provinsi Bali, TNI/Polri, organisasi masyarakat serta para pelajar. 7 cr78

Komentar