nusabali

Kobarkan Semangat Perangi Kebodohan dan Kemiskinan

Peringatan Hari Pahlawan di Gianyar

  • www.nusabali.com-kobarkan-semangat-perangi-kebodohan-dan-kemiskinan

GIANYAR, NusaBali - Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 diperingati dengan mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Kita merupakan bangsa yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” ujar Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa saat membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati Gianyar, Jumat (10/11). 

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” lanjutnya.  Digelorakannya pula semangat juang para pahlawan terdahulu untuk membakar semangat generasi muda untuk terus berjuang melawan segala bentuk penjajahan termasuk kemiskinan dan kebodohan, karena pahlawan bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika dapat diikuti niscaya membawa jejak kemenangan. “Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apa pun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” serunya.  

Tagel Wirasa mengingatkan bahwa hanya dengan berbekal bambu runcing, para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Dimana rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu dengan semangat kebersamaan. Kini semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945. 

Semangat yang menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Guna mewujudkan masa depan yang lebih baik. “Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” jelasnya.  

Dalam upacara yang dipimpin Pj Bupati Gianyar tersebut juga dibacakan kata mutiara para pahlawan untuk menggelorakan kembali semangat persatuan dan perjuangan untuk Indonesia yang lebih maju. Tidak hanya upacara semata, Pj Bupati Gianyar bersama Forkopimda serta jajaran juga berziarah ke Taman Makan Pahlawan Kreta Kirttya Mandala Gianyar. 7 nvi

Komentar