nusabali

Plt Bupati Klungkung Berharap Bangun Patung dan Nama Jalan

Ida Dewa Agung Jambe Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional

  • www.nusabali.com-plt-bupati-klungkung-berharap-bangun-patung-dan-nama-jalan
  • www.nusabali.com-plt-bupati-klungkung-berharap-bangun-patung-dan-nama-jalan

SEMARAPURA, NusaBali - Bertepatan Hari Pahlawan, Raja Klungkung Ida Dewa Agung Jambe resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Penetapan dibacakan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11).

Hadir, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra selaku ahli waris bersama Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Plt Bupati Klungkung I Made Kasta, dan Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung I Gusti Agung Putra Maha Jaya. 

“Saya turut merasa bangga atas gelar Pahlawan Nasional untuk Ida Dewa Agung Jambe, terima kasih kepada semua pihak atas perjuangannya untuk memperoleh gelar penghormatan itu,” ujar Made Kasta. Dia berharap ke depan siapa pun yang akan menjadi pemimpin di Kabupaten Klungkung, pembangunan patung dan penggunaan nama jalan Ida Dewa Agung Jambe menjadi prioritas. Mengenai letaknya, Pemkab supaya berkoordinasi dengan puri, sehingga patung yang dibangun selain memperhatikan fungsi estetika, etika, juga filosofinya dengan motto Dharmaning Ksatria Mahottama.

Raja Klungkung Ida Dewa Agung Jambe menjadi Pahlawan Nasional pertama dari Kabupaten Klungkung. “Beliau menjadi salah satu dari enam tokoh yang memperoleh gelar Pahlawan Nasional tahun ini. Gelar Pahlawan Nasional 2023 ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH2023 tertanggal 6 November 2023,” ujar Made Kasta. Ida Dalem Smara Putra mengatakan, Ida Dewa Agung Jambe merupakan raja dari Kerajaan Klungkung yang beserta seluruh anggota keluarga kerajaan, termasuk putra mahkota gugur saat perang Puputan Klungkung. Tepatnya pada tanggal 28 April 1908. 

Ketika itu Ida Dewa Agung Jambe bersama keluarganya dan rakyat memilih puputan atau perang hingga titik darah penghabisan melawan penjajah Belanda. “Setelah proses dan penantian yang cukup lama, akhirnya Ida Dewa Agung Jambe ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Saya sangat bersyukur dan berbahagia dan tentunya juga keluarga besar puri dan masyarakat Klungkung. Terima kasih kepada Pemkab Klungkung yang selama ini telah mengawal proses ini,” ujar Ida Dalem. @ wan

Komentar