nusabali

HKN, Pemkab Bangli Siapkan Pelayanan Kesehatan Gratis

  • www.nusabali.com-hkn-pemkab-bangli-siapkan-pelayanan-kesehatan-gratis

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli akan melaksanakan beberapa kegiatan serangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kabupaten Bangli. Salah satu kegiatannya, pemeriksaan kesehatan gratis di Alun-alun Bangli, 12 November 2023.

Ketua Panitia HKN di Kabupaten Bangli I Putu Arsila mengatakan organisasi profesi tenaga kesehatan di Kabupaten Bangli melaksanakan kegiatan serangkaian HKN. Kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, senam sehat, dan bakti sosial. "Pemeriksaan Kesehatan ini, seperti pemeriksaan gula darah, tekanan darah. Pemeriksaan untuk screening," ungkapnya, Kamis (9/11).

Kata dia, kegiatan itu sebagai salah satu bagian mendorong gerakan masyarakat hidup sehat dan bersih. Menurut Putu Arsila, untuk layanan pemeriksaan kesehatan disiapkan 10 petugas. Dia menargetkan dapat melayani sampai 100 orang. Jika masyarakat datang lebih banyak, tentu jumlah yang melayani akan ditambah. "Kami arapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut sehingga masyarakat bisa mengetahui kondisi kesehatannya," sebutnya.

Terakit pemeriksaan kesehatan gratis tersebut, jelasnya, akan terus disosialisasikan sehingga lebih banyak masyarakat yang mendapat informasi. Pria yang berdinas di RSU Bangli ini menyebutkan dalam kegiatan itu, pihaknya juga berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Bangli.

Pihaknya menyiapkan stand untuk UMKM sehingga bisa menambah perputaran perekonomian di Bangli. "Cukup banyak yang akan terlibat dalam kegiatan serangkaian HKN ini. Kami berpatisipasi untuk peningkatan UMKM melalui kegiatan ini," sambungnya.

Ditambahkan pula, ditengah ramainya kasus rabies, pihaknya juga melakukan podcast terkait kasus gigitan dan langkah penanganan. "Kasus gigitan dan rabies menjadi salah satu sorotan. Dalam hal ini kami menghadirkan dinas terkait seperti Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP), maupun Dinas Kesehatan," kata Putu Arsila.7esa

Komentar