nusabali

Membanggakan, Bunda PAUD Jembrana Terima Penghargaan Wiyata Dharma Madya

  • www.nusabali.com-membanggakan-bunda-paud-jembrana-terima-penghargaan-wiyata-dharma-madya

NEGARA, NusaBali - Prestasi membanggakan diukir Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Jembrana Gusti Ayu Ketut Candrawati alias Candrawati Tamba. Dinilai sukses menjadi penggerak PAUD berkualitas dan penggerak transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Jembrana, Candrawati Tamba mendapatkan penghargaan nasional Wiyata Dharma Madya.

Penghargaan tersebut diserahkan Ibu Wakil Presiden (Wapres) RI, Hj Wiry Estu Handayani Ma'ruf Amin, dalam acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023, di Mercure Conventions Center, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (8/11). Yang lebih membanggakan lagi, Candrawati Tamba menjadi satu-satunya Bunda PAUD kabupaten/kota dari Bali yang menerima penghargaan dalam kategori tersebut.

Candrawati Tamba mengungkapkan, penghargaan yang diraihnya ini merupakan hasil kerja keras bersama stakeholder terkait. Mulai dari Pokja Bunda PAUD, organisasi mitra PAUD, Forum Komunikasi PAUD-SD, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), dan mitra pembangunan lainnya yang telah mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jembrana. "Saya ucapkan terima kasih. Apresiasi ini untuk kita semua, untuk pendidikan yang lebih baik menuju Jembrana Emas 2026," ungkap Candrawati Tamba. 

Istri dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba ini, menuturkan beberapa program dan inovasi yang telah dilakukan dalam mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jembrana. Diantaranya penciptaan jingle transisi PAUD yang menyenangkan, pembentukan regulasi, koordinasi bersama stakeholder terkait, workshop, sosialisasi, hingga monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanan kegiatan. 

Di samping itu, juga ada gerakan parenting bersinergi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dengan menyasar keluarga-keluarga, dan peningkatan kesejahteraan guru PAUD, khususnya pemberian insentif kepada para guru PAUD non PNS. "Selain itu, suksesnya pelaksanaan Gebyar Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jembrana dan dihadiri 4.967 orang lebih. Itu menunjukkan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan dalam mensukseskan gerakan ini. Sekali lagi, dengan dukungan tim yang solid, penghargaan ini menjadi jawabannya. Ke depan tentunya kita akan lebih semangat lagi," ucap Candrawati Tamba yang juga Ketua TP-PKK Jembrana ini. 

Kepala Dinas Pendidikan. Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra menyampaikan, penghargaan yang diterima dari Pemerintah Pusat ini merupakan apresiasi terhadap capaian kinerja Bunda PAUD Jembrana. Khususnya dalam menjalankan peran dan tugas secara optimal mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan upaya mewujudkan PAUD yang berkualitas.

"Penghargaan ini bukan hanya sekadar apresiasi. Namun juga menjadi inspirasi bagi para pemangku kebijakan dan masyarakat untuk terus mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini di Jembrana," ucap Anom yang turut hadir dalam acara Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional Tahun 2023 tersebut.

Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga Bunda PAUD Nasional, memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD di seluruh Indonesia atas pencapaian dan upaya yang sudah dilakukan untuk memperkuat Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. "Kami sangat berbangga. Karena sejak gerakan ini diluncurkan, antusiasme di berbagai daerah di Indonesia sangat tinggi. Semakin banyak kegiatan sosialisasi yang dilakukan untuk membuka wawasan masyarakat terkait gerakan ini," ujarnya. @ode

Komentar