nusabali

395 Atlet Lolos BK PON Jalani Tes Fisik

  • www.nusabali.com-395-atlet-lolos-bk-pon-jalani-tes-fisik

Tes fisik dimaksudkan untuk mengetahui kondisi kebugaran para atlet, sehingga bisa mempersiapkan diri serta menerapkan strategi tepat saat PON 2024.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 395 atlet yang lolos Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK-PON) 2024 menjalani tes fisik. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menerangkan, tes fisik terhadap para atlet itu sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari belakangan ini. Tes fisik itu dilakukan bersama tim dari Undiksha untuk mengetahui secara menyeluruh terhadap kebugaran para atlet menyongsong PON XXI tahun 2024 di yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara. 

"Kenapa dilakukan tes fisik, biar mengetahui fisik yang sebenarnya masing-masing atlet, sehingga para atlet tahu strategi apa yang dilakukan. Sehingga bisa maksimal di PON 2024 mendatang," ungkap Oka Darmawan saat ditemui di KONI Bali, Jalan Melati, Denpasar pada Selasa (7/11).

Dijelaskan Oka Darmawan, tes fisik itu dilakukan kepada seluruh atlet yang lulus BK PON. Dalam catatan, ada 400an yang lolos dari 41 cabang olahraga (cabor) yang ada. Namun, selama proses tes fisik itu, baru ada 395 yang telah menjalani dan sisanya masih berproses. Dia juga tidak memungkiri kalau ada atlet yang diketahui belum maksimal, tentu dilakukan berbagai upaya agar bisa kembali bugar. "Yang dites fisik itu yang sudah lolos BK PON. Tes ini untuk mengetahui fisik para atlet, sehingga ada standar yang diketahui. Kalau nantinya belum ada yang memenuhi tentu kita optimalkan," terangnya

Untuk para atlet yang belum menjalani tes fisik, Darmawan mengaku akan dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan waktu dari tim Undiksha. Sementara yang telah menjalani tes fisik itu, secara keseluruhan bagus dan kebanyakan masuk alias sesuai standar. Sehingga, ke depannya dalam pembinaan lebih bagus. Dia juga tidak memungkiri kalau tes fisik ini diperlukan karena Bali saat ini berada di posisi 5 besar dalam BK PON. Maka, perlu kesiapan matang dan strategi yang baik menyambut PON Aceh -Sumatra Utara. "Posisi Bali saat ini sangat sulit, dalam artian merebut dan masuk dalam posisi 5 besar. Nah saat ini, bagaimana mempertahankan agar tetap ada dalam posisi atau bahkan meningkatkan lagi. Maka perlu persiapan matang termasuk salah satunya melakukan tes fisik terhadap atlet ini," pungkasnya. 7dar

Komentar