nusabali

Miris, Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan

  • www.nusabali.com-miris-sampah-menumpuk-di-pinggir-jalan

Petugas pasang garis tanda larangan buang sampah sembarangan di lokasi

MANGUPURA, NusaBali
Pemandangan tak elok terlihat di Jalan Perum Pasraman Unud, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Sebab pada salah satu titik di kawasan itu menumpuk sampah yang diduga sengaja dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kasi Trantib Kecamatan Kuta Selatan Kadek Agus Alit Juwita, tak memungkiri keberadaan sampah yang menumpuk di salah satu titik di Jalan Perum Pasraman Unud, Kelurahan Jimbaran. Namun, kata dia, sampah itu secara bertahap sudah ditangani sejak Senin (6/11) dan akan dilanjutkan pada Selasa (7/11) hari ini.

“Kami melakukan pembersihan sementara. Ke depannya kami akan intensifkan komunikasi dengan berbagai pihak terkait masalah ini,” katanya dijumpai di lokasi Senin pagi.

Dalam penanganan tumpukan sampah kemarin, tim dari Kecamatan Kuta Selatan telah memasang garis sebagai tanda larangan untuk membuang sampah di area tersebut. Selain itu, rencannya sampah-sampah yang sudah terakumulasi akan diurug sementara. “Rencana akan kami lanjutkan besok (hari ini), sekaligus memasang spanduk larangan buang sampah di tempat itu,” imbuhnya.

Terkait hal ini Kepala Lingkungan Mekar Sari Simpangan Jimbaran I Wayan Tama, mengatakan jika sumber sampah yang terakumulasi di area tersebut diduga berasal dari masyarakat sekitar yang kesulitan membuang sampah akibat masalah yang terjadi di TPA Suwung. “Kami menduga peningkatan sampah dalam beberapa hari terakhir ini mungkin akibat warga kesulitan membuang sampah, sehingga beberapa warga diduga membuang sampah sembarangan di malam hari saat minimnya aktivitas,” ucapnya.

Sementara dikonfirmasi secara terpisah, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, mengungkapkan keprihatinannya terhadap situasi ini, yang sudah sering kali terjadi dan sulit untuk diselesaikan. “Dalam beberapa kesempatan kami telah berusaha mengatasi masalah ini. Namun, sampah kembali menumpuk di lokasi itu,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Camat Kuta Selatan Senin siang.

Gede Arta berharap masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan, sehingga lingkungan tidak tercemar dengan sampah. “Semoga permasalahan ini dapat segera diselesaikan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat,” tegasnya. 7 ol3

Komentar