nusabali

Warga Tingkadbatu Evakuasi Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-warga-tingkadbatu-evakuasi-pohon-tumbang

BANGLI, NusaBali - Pohon kelapa yang tumbang beberapa bulan lalu, di wilayah Banjar Tingkadbatu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, akhirnya dievakuasi warga setempat Pohon tersebut tumbang namun tersangkut di antara pepohonan lain.

Kondisi itu sangat rawan bagi para pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut. Hal itu diungkapkan Kadus Tingkadbatu I Ketut Budarta, Minggu (5/11).

Dia mengatakan pohan kelapa tumbang beberapa bulan lalu. Hanya saja, belum bisa dievakuasi karena terkendala medan. Pasca pohon yang warga sempat melaporkan kepada dinas terkait.

"Setelah pelaporan itu beberapa petugas sempat turun. Namun karena terkendala alat, tidak bisa dilakukan evakuasi. Kami sudah menunggu, sampai saat ini belum ada tindak lanjut," jelasnya.

Karena rawan bagi pengguna jalan, maka masyarakat gotong royong untuk mengevakuasi pohon tersebut dengan menggunakan alat seadanya. Puluhan krama terlibat untuk evakuasi pohon tersebut. Diakui, proses evakuasi memerlukan waktu cukup lama, karena semua dilakukan manual.

Kata Budarta, wilayahnya termasuk rawan pohon tumbang dan longsor saat penghujan. Saat ini mulai turun hujan, dan pihaknya meminta dinas terkait untuk melakukan pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang.

"Masih ada pohon-pohon yang tersangkut, agar dinas bisa melakukan pemangkasan. Karena ada di tebing, tentu perlu crane. Mudah-mudahan sebelum musim hujan sudah bisa teratasi," ujarnya.7esa

Komentar