nusabali

Kontes Be Gembrong Tegaskan Tabanan Pusat Ikan Koki Bali

  • www.nusabali.com-kontes-be-gembrong-tegaskan-tabanan-pusat-ikan-koki-bali

TABANAN, NusaBali - Ratusan peserta mengikuti kontes ikan Koki Bali atau Be Gembrong di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu (5/11). Menariknya, kontes ini juga diikuti oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tabanan.

Total ada 155 peserta yang mengikuti lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-530  Kota Tabanan. Rinciannya sebanyak 61 ekor ikan dari peserta OPD, dan 94 ekor ikan dari kategori umum. Bahkan dalam pelaksanaannya, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya juga ikut menjadi juri penilaian.

Ketua Panitia Kegiatan I Made W Adi Putra mengatakan, kontes ikan ini sudah kedua kalinya dilaksanakan di Tabanan. Pertama kegiatan sudah dilakukan menyambut HUT ke-529 Kota Tabanan tahun lalu. "Kontes ini memperebutkan hadiah bergilir Bupati Cup II dan uang tunai," ujarnya.

Disebutkan dalam lomba yang dilaksanakan terbagi dalam 7 kategori kelas. Diantaranya kategori remaja solid, kategori remaja kombinasi, kategori dewasa solid, kategori dewasa kombinasi, kategori SPAK 3, kategori SPAK 2 dan kategori OPD.

"Kita gelar lomba Be Gembrong ini untuk menjaga warisan budaya hayati. Sekaligus bagian dari silahturahmi antar penghobi. Dan serta ikut mendorong pikiran masyarakat untuk mengambil bagian dalam pelestarian Be Gembrong ini," tegas Adi Putra.

Sementara itu, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya yang hadir dalam pelaksanaan lomba Be Gembrong tersebut mengaku bangga. Bahkan dalam kesempatan itu dia juga ikut memberikan penilaian kepada kontestan dari OPD.

Pilihan Bupati Sanjaya dalam kategori ini tertuju pada ikan mas koki Bali atau Be Gembrong milik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD). Dipilihnya kontestan dari DPMD dilihat dari bentuk, mata, ketegakan, degradasi warna tridatu yang merepresentasikan Tabanan.

Menurut Bupati Sanjaya, sejak lomba pertama pada tahun lalu, dia sudah meminta masing-masing OPD ikut memelihara Be Gembrong. Karena saat HUT Kota Tabanan ke-530, OPD akan ikut kontes. "Bukan hanya melihat saja, tapi juga ikut memelihara, sudah ikut aktif. Ini menjadi sebuah keberhasilan dari komunitas ikan Be Gembrong di Tabanan," ujarnya.

Bupati Sanjaya pun merasa senang melihat pelaksanaan kontes  yang berlangsung semarak dan diikuti ratusan kontestan. "Sampai-sampai orang di seluruh Bali datang ke Tabanan kalau mencari Be Gembrong yang berkualitas," kata Bupati Sanjaya bangga. 7des

Komentar