nusabali

Parade Budaya Bakal Tampilkan Transformasi Tabanan

  • www.nusabali.com-parade-budaya-bakal-tampilkan-transformasi-tabanan

TABANAN, NusaBali - Masyarakat Tabanan akan disuguhi parade budaya spektakuler dalam rangka memeriahkan HUT ke-530 Kota Tabanan yang jatuh pada 29 November 2023 mendatang. Parade budaya ini akan menampilkan konsep kondisi Tabanan dalam tiga perubahan dunia, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa nanti.

Parade budaya ini akan melibatkan sekitar 500 seniman dari berbagai daerah di Tabanan. Mereka akan menampilkan berbagai kesenian tradisional, seperti tari, musik, dan pertunjukan barong.  "Per satu segmen itu kurang lebih seniman bakal tampil antara 150-250 orang," ujar Ketua Panitia HUT Kota Tabanan l Gusti Made Darma Ariantha, Minggu (5/11).

Untuk menggambarkan Tabanan masa lalu, parade akan menampilkan barisan seniman tempo dulu, barisan Sagung Wah melawan Belanda, barisan I Gusti Ngurah Rai, dan barisan Debes Wagimin.

Tabanan masa kini akan ditampilkan melalui parade kepemimpinan Tabanan Era Baru, parade Bhinneka Tunggal Ika, parade berbagai jenis barong, rodat Candikuning, reog Ponorogo, gandrung Banyuwangi, kehidupan masyarakat agraris dan nelayan, serta barisan tematik dengan iringan gambelan Djembe.

Sedangkan untuk menggambarkan Tabanan masa nanti, parade akan menampilkan barisan generasi Z dengan membawa laptop dan HP, harapan tematik generasi emas 2045, barisan generasi milenial era digitalisasi, barisan keberhasilan stunting menurun, barisan keberhasilan KB ala Bali, dan kemakmuran terwujud masyarakat Madani.

Parade budaya ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk melestarikan budaya dan memperkenalkan Tabanan kepada masyarakat luas. Selain itu, parade ini juga diharapkan dapat menjadi simbol transformasi Tabanan dari masa lalu, masa kini, hingga masa depan.

Parade budaya ini akan digelar pada hari Senin, 27 November 2023.  Perhelatan ini akan berlangsung di sepanjang Jalan Gajah Mada, Tabanan. Namun rangkaian HUT ke-530 Kota Tabanan sudah dimulai dan dibuka oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya pada Sabtu (4/11). "Selama perayaan HUT Kota ini seluruh lapisan masyarakat dilibatkan. Tak hanya seniman, pelaku UMKM dan IKM di Tabanan ikut tampil," tegas Darma Ariantha. 

Selain itu dari segi anggaran, perayaan HUT Kota dengan mengusung tema Paduraksa Jayaning Singasana tahun 2023 ini juga dianggarkan cukup fantastis senilai Rp 2 miliar.  "Informasi dari Tapem (Tata Pemerintahan) anggaran disediakan Rp 2 miliar," tandas Darma Ariantha notabane Kepala Brida Tabanan ini. 

Puncak perayaan HUT Kota Tabanan berlangsung pada Rabu (29/11) yang ditandai dengan upacara di Taman Kota Bung Karno. Sementara di malam harinya akan dilakukan pemutaran video HUT ke-530 Kota Tabanan, peluncuran buku biografi I Ketut Maria dan pemutaran video tari Terompong, serta penyerahan piagam penghargaan bagi para pengabdi seni.7des

Komentar