nusabali

Putu Tjawi Berpeluang Duduk di DPRD Denpasar

  • www.nusabali.com-putu-tjawi-berpeluang-duduk-di-dprd-denpasar

Hijrahnya Ida Bagus Kompyang Wiranata alias Gus Kowi dari Ketua Komisi II DPRD Denpasar sekaligus anggota dewan menjadi Direktur Utama (Dirut) PD Pasar menyisakan kursi PAW (pergantian antar waktu). 

Isi PAW Gus Kowi yang Jabat Dirut PD Pasar

DENPASAR, NusaBali
Siapa yang akan duduki kursi yang ditinggalkan Gus Kowi?  Jika dilihat dari perolehan suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 daerah pemilihan (Dapil) Denpasar PDI Perjuangan, pemilik suara terbanyak berikutnya adalah I Putu Tjawi SH. 

Namun pengisian PAW harus melalui mekanisme, diawali pengajuan surat pergantian  oleh DPC PDIP sebagai induk partai kepada DPRD, lalu diproses ke Gubernur Bali melalui Walikota Denpasar. Setelah itu DPRD akan menyampaikan ke KPU untuk mengajukan nama berdasarkan suara tertinggi di Dapil I Kecamatan Denpasar Barat dari PDIP di bawah suara Gus Kowi. 

“Terkait PAW Gus Kowi, kami belum terima pemberitahuan dari DPRD,” ujar Ketua KPU Denpasar I Gede John Darmawan didampingi Komisioner Bidang Hukum Made Raka Suwarna, Rabu (12/7). Menurut John, pemilik suara terbanyak di bawah Gus Kowi paling berpeluang duduki kursi PAW. “Sudah 99 persen, kecuali jika ada masalah, seperti sakit, meninggal dunia, atau mengundurkan diri secara sah dari partai. Terkait ini partai akan mengirimkan surat kepada Dewan dan KPU,” ungkap John. 

Dari catatan KPU Denpasar, jumlah suara yang dimiliki Gus Kowi sebanyak 5.579 (lolos), disusul I Nyoman Karisantika 3.006 (lolos), I Nyoman Tananjaya Asmara Putra raih 2. 569 suara (lolos), I Putu Tjawi SH dengan perolehan suara 1.298 (gagal), Ni Nyoman Parwati SH raih 484 suara (gagal), Yuliastuti SE dengan perolehan suara 239 (gagal), dan Kadek Alit Agustini suara 172 (gagal). “Dari raihan suara ini, Putu Tjawi yang akan duduki kursi PAW Gus Kowi,” ungkap John. 

Dikonfirmasi sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede mengatakan untuk menentukan siapa yang akan menempati posisi PAW Gus Kowi akan dilakukan rapat internal partai terlebih dahulu, sehingga belum bisa menentukan siapa yang akan diajukan. "Kita masih proses dan akan dilakukan rapat dulu. Jadi untuk penentuannya belum kita pastikan," ujarnya. 

Ngurah Gede menambahkan suara terbanyak di bawah Gus Kowi belum tentu menempati posisi yang kosong saat ini di Dapil Denpasar Barat. "Kami masih proses dan akan ditentukan melalui rapat internal," tandasnya. Seperti diberitakan Ketua Komisi II DPRD Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata alias Gus Kowi memilih jabatan barunya sebagai Dirut PD Pasar Kota Denpasar periode 2017-2022. Anggota Fraksi PDIP ini sudah jalani serah terima jabatan (Sertijab) Dirut PD Pasar pada, Selasa (11/7) di Aula Kantor PD Pasar Denpasar. Gus Kowi sudah tiga periode duduk di DPRD Denpasar (2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019) ini mengaku memilih jabatan barunya itu karena merasa sudah jenuh sebagai anggota Dewan Kota Denpasar. Dia mengaku surat pengunduran diri sebagai anggota dewan sudah disampaikan, Jumat (7/7) lalu. *cr63

Komentar