nusabali

Desa Batuan Paving 38 Gang

  • www.nusabali.com-desa-batuan-paving-38-gang

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar punya program pavingisasi sejak Agustus 2023. Perbekel Desa Batuan Ari Anggara mengatakan, perkiraan dana untuk pemasangan paving di 38 gang sekitar Rp 819 juta lebih. Dana ini bersumber dari bagi hasil pajak daerah Kabupaten Gianyar.

“Bagi hasil pajak sudah cair sampai September 2023, kami di Desa Batuan gunakan sepenuhnya untuk membangun infrastruktur, di antaranya menyelesaikan pavingisasi,” jelas Ari Anggara, Kamis (2/11). 

Infrastruktur jalan lingkungan atau gang desa di seluruh Desa Batuan menjadi fokus pertama yang dikerjakan. “Ada 38 gang yang merupakan akses bagi warga desa yang kami perbaiki melalui program pavingisasi hingga Desember nanti,” ungkap Ari Anggara. Pemasangan paving menggunakan tenaga lokal dengan sistem swakelola. Ari Anggara mengklaim desa bisa menghemat anggaran hingga 30% lebih. “Efisiensi terjadi karena sistem swakelola dengan TPK dari unsur pemdes,” jelasnya. 

Pekerja yang dilibatkan lebih dari 25 orang yang dibayar dengan upah di atas upah umum desa. Upah sesuai aturan Satuan Biaya Masukan/Umum yang tertuang dalam Peraturan Desa. Jaminan tenaga kerja lokal memiliki pekerjaan di bawah program desa selama 2 bulan ke depan dengan sistem pembayaran mingguan atau harian. “Kami juga manfaatkan pengusaha paving dan penyedia pasir lokal. Mungkin ini maksud dari sirkular ekonomi desa,” ujar alumni UGM ini. 

Setelah tuntas pavingisasi 38 gang, Pemdes Batuan merencanakan perbaikan jalan-jalan desa yang rusak. “Ada beberapa titik yang perlu pengaspalan, sebagian dipastikan akan dibantu kabupaten melalui fasilitasi Bapak Putu Pebri,” ungkap Ari Anggara. Segala pengelolaan anggaran juga bisa diakses melalui website desa secara terbuka dan transparan. Tahun depan, Pemdes Batuan merencanakan dana pemberdayaan masing-masing banjar dan perbaikan kualitas hunian. “Rasanya akan bisa membangun beberapa proyek infrastruktur umum di desa,” imbuhnya. 7 nvi

Komentar