nusabali

Transaksi Elektronik ‘Terganjal’

  • www.nusabali.com-transaksi-elektronik-terganjal

Bank Indonesia (BI) masih terus melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan terkait penerapan transaksi  elektronik. 

BI Terus Sosialisasi

DENPASAR, NusaBali 
Sosialisasi dilakukan mengingat  transaksi elektronik masih belum seperti yang diharapkan alias sepi. Transaksi manual masih dominan, termasuk di area atau tempat–tempat yang dijadikan ‘rintisan’ layanan transaksi elektronik. Di antaranya di gerbang tol dan  tempat-tempat layanan transaksi lainnya. Padahal transaksi elekronik semestinya sudah bisa diterapkan.

Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali Azka Subhan Aminurrindo, mengatakan hal tersebut karena faktor kebiasaan. “Memang  susah mengubah hal yang sudah menjadi kebiasaan (transaksi manual),” ujar Azka.

Meski demikian, BI akan terus melakukan sosialisasi  ke berbagai pihak, termasuk ke kampus-kampus. Hanya lanjut Azka, untuk transaksi elektronik tersebut tentu mengacu kecukupan saldo. “Apakah saldo mencukupi atau tidak. Itu yang memang menjadi pikiran,” kata. 

Namun apapun itu transaksi elektronik  jelas lebih efisien, lebih simple. Karena sudah menjadi program sosialisasi aplikasi transaksi elektronik tentu tak akan berhenti.  “ Sosialisasi berlanjut,”  tandas Azka.  *K17

Komentar