nusabali

Juara French Open 2023, Jonatan Tambah Semangat

  • www.nusabali.com-juara-french-open-2023-jonatan-tambah-semangat

RENNES, NusaBali - Pemain bulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie berhasil menggenggam gelar juara French Open 2023. Pemain yang akrab disapa Jojo itu jadi juara setelah mengalahkan pemain China, Li Shi Feng, pada final di Glaz Arena, Prancis, Minggu (29/10) malam.

Kemenangan diraih Jonatan Christie dengan penuh perjuangan. Dia sempat kehilangan gim pertama, namun bangkit dengan skor 16-21, 21-15, 21-14. 

Kemenangan itu yang pertama bagi Jojo di turnamen bulutangkis BWF berlabel Super 750. Perjuangan Jonantan sejak babak awal hingga final pun berbuah manis. Jonatan menyambut kemenangan itu dengan bahagia, dan membuatnya makin terpacu.  Jonatan mengatakan kemenangan pada French Open 2023 di Rennes, Prancis, membuatnya kian haus untuk memenangi turnamen lainnya.

"Gelar ini pastinya menambah semangat dan motivasi saya. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters, saya mau fokus ke sana. Semoga bisa melangkah ke BWF World Tour Finals," kata Jonatan dalam rilis PBSI, Senin (30/10).

French Open menjadi sejarah baru bagi pemain tunggal putra peringkat ke-6 dunia itu. Sebab, dari turnamen tersebut Jonatan menorehkan rekor menjuarai turnamen berkategori BWF Super 750 untuk pertama kalinya.

"Puji Syukur, Puji Tuhan karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara," ungkap Jonatan. 

Tak mudah bagi Jonatan untuk menundukkan Li yang secara peringkat berada satu posisi di atasnya. Bahkan ia harus menghabiskan durasi 80 menit untuk menaiki podium tertinggi, sekaligus menjadi kemenangan keempat bagi Jonatan atas Li pada seluruh rekor pertemuan kedua pemain.

Apalagi pada  turnamen sebelumnya, Jonatan gagal mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan harus tersingkir lebih awal. Hasil minor tersebut bahkan banyak mengundang kritik dari banyak penggemar yang menilai Jonatan tidak memiliki kualitas permainan yang konsisten.

Sementara itu, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi runner up turnamen BWF Super 750 untuk kedua kalinya dalam dua pekan berturut-turut. Mereka kalah dari pasangan asal Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di final French Open 2023, Minggu. Sepekan sebelumnya, Bagas/Fikri juga gagal di podium tertinggi turnamen Denmark Open 2023 yang berlangsung pada 17-22 Oktober di Odense.ant

Komentar