nusabali

SMAN 2 Banjar Gelar Lomba Kebahasaan

  • www.nusabali.com-sman-2-banjar-gelar-lomba-kebahasaan

SINGARAJA, NusaBali - SMAN 2 Banjar menggelar sejumlah lomba kebahasaan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kegiatan ini digelar rutin setiap tahunnya memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda yang jatuh pada Sabtu (28/10).

Kepala SMAN 2 Banjar Made Mahendra Eka Putra mengatakan, lomba yang digelar di internal sekolahnya seluruhnya berkaitan dengan bahasa dan sastra. Seperti cipta baca puisi, musikalisasi puisi, storytelling, desain anime dan cosplay bertemakan perjuangan pemuda.

"Ini mengkolaborasikan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) rumpun bahasa sebagai penggerak literasi dan bahasa asing dengan seni dan teknologi. Harapan kami dapat meningkatkan minat dan bakat kemampuan berbahasa dan sastra. Mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing," ucap Mahendra didampingi Waka Humas Ida Ketut Artismaya.

Selain itu, lomba yang digelar juga sebagai pemetaan potensi bakat dan minat siswa. Mereka yang berpotensi akan diasah kembali untuk mewakili SMAN 2 Banjar ke lomba-lomba serupa di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

"Kami memang pilih lomba-lomba yang biasanya diselenggarakan juga di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Sehingga siswa kami yang memiliki kemampuan bisa lebih awal dibina dan disiapkan untuk lomba di ajang yang lebih tinggi," imbuh Mahendra.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pemilihan Duta Smandar. Siswa yang terpilih akan menjadi corong dan panutan siswa lain menyangkut karakter, kepribadian hingga disiplin. Duta Smandar ini pun dipilih dengan seleksi yang sangat serius yakni melalui tes tulis, interview, dan penilaian keseharian mereka. Setelah terpilih mereka bertugas menyampaikan program sekolah kepada sesama siswa maupun di eksternal. 7k23

Komentar