nusabali

Siswi SMAN 1 Amlapura Juara Nasional PRB

  • www.nusabali.com-siswi-sman-1-amlapura-juara-nasional-prb

AMLAPURA, NusaBali - Siswi kelas XII MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) 3 SMAN 1 Amlapura Diah Shyamamohita Tri Cahyani, menyabet gelar juara Pemilihan Remaja Berbudi Pekerti (PRB) XIX Undiksha Singaraja 2023. Gelar bertaraf tingkat nasional karena pesertanya dari tingkat SMA/SMK dari beberapa provinsi.

Diah Shyamamohita Tri Cahyani mengatakan kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (29/10),  grand final diselenggarakan bertepatan Hari Sumpah Pemuda di Auditorium Undiksha, Jalan Udayana Singaraja, Sabtu (28/10).

Diah Shyamamohita Tri Cahyani berhak atas Piala Bergilir Gubernur Bali, piala tetap dari Rektor Undiksha Singaraja dan uang pembinaan Rp 5 juta. Diah Shyamamohita Tri Cahyani memaparkan, awalnya mendaftar secara online, dengan melengkapi biodata dan syarat administrasi lainnya, termasuk surat keterangan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana.

Pendaftar dari tingkat SMK/SMK sebanyak 93 siswa, dan dari tingkat perguruan tinggi sebanyak 48 mahasiswa dari peserta itu, kemudian terseleksi meloloskan 10 finalis untuk tingkat SMA/SMK, dan 9 finalis mahasiswa.

Finalis itu katanya, menjalani karantina, selama 25-27 Oktober di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, tiap finalis jadi keluarga asuh agar membantu warga Desa Bengkala.

Juga menggelar bhakti sosial berbaur dengan masyarakat, agar masyarakat merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. Saat final, menjalani tes kepribadian dan wawasan kebangsaan, manyangkut ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan). "Selama menjalani semua tahapan tes, saya lancar-lancar saja, astungkara saya dinobatkan sebagai yang terbaik," jelas, peraih gelar Speech Competition Poltrada (Politeknik Transportasi Darat) Tabanan 2023.

Lomba PRB itu, atas prakarsa dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Undiksha Singaraja, secara rutin setiap tahun. Tujuannya untuk membudayakan budi pekerti, dan menangkal budaya negatif, harapannya agar siswa lebih cerdas sehingga mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Siswi kelahiran 27 April 2006, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang menerangkan, yang bercita-cita jadi dokter, sebelumnya merebut gelar juara Lomba Video Promosi Pariwisata Bali 2023, yang diselenggarakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris SMK Bali di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Minggu (7/5).

Putri bungsu dari 3 bersaudara pasangan I Nyoman Pica Sudarsana (alm) dan Ni Luh Putu Arymartini, berjanji terus berlomba untuk meningkatkan kualitas kemampuannya.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengakui, siswi kelas XII IPA 3 itu berbakat bidang bahasa Inggris, dalam lomba kali ini selain untuk mengasah kecerdasan agar disertai soft skill, artinya agar pintar di akademik, juga berkarakter. "Lomba itu juga bertujuan mengembangkan karakter dan inovatif siswa," katanya.k16

Komentar