nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri HUT Ke-40 ST Wira Dharma

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-hut-ke-40-st-wira-dharma

MANGUPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri HUT ke-40 ST Wira Dharma, Banjar Tauman, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Sabtu (28/10). Kegiatan tersebut sekaligus dirangkai dengan pelantikan pengurus periode 2023-2025.

Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Kabupaten Badung Wayan Regep, perwakilan Camat Mengwi, Perbekel Sembung Ketut Sukerta, Bendesa Adat se-Desa Sembung, Kelian Dinas/Adat se-Desa Sembung, serta undangan lainnya.

Bupati Giri Prasta pada kesempatan itu juga menyerahkan dana motivasi Rp 20 juta kepada pihak panitia. Sedangkan Bagus Alit Sucipta dan Wayan Regep masing-masing Rp 5 juta.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menyampaikan komitmennya untuk mewujudkan serta memperkuat Generasi Z dalam gerakan revolusi mental. Menurut Bupati Giri Prasta, ini penting untuk menanamkan sedini mungkin, karena generasi muda merupakan penerus yang akan melanjutkan perjuangan dan kepemimpinan baik ditingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Bupati Giri Prasta juga merasa bangganya lantaran anggota ST Wira Dharma dan Banjar Tauman sudah mampu menjalankan tiga pilar yaitu Wimuda, Winata, dan Wiwerda. Wimuda anak-anak SD ke bawah, Winata Sekaa Teruna (ST) yang sudah mampu memilah dan memilih mana yang benar dan salah, dan Wiwerda adalah orang tua. “Apabila tiga pilar ini bersatu, maka setengah perjuangan kita berhasil, namun kalau tidak bersatu maka setengah perjuangan gagal,” katanya.

“Saya juga berpesan kepada Sekaa Teruna tidak boleh mabuk-mabukan karena akan mengganggu ketertiban umum. Kedua tidak boleh kena narkoba. Bahasa Bali wajib kita gunakan dan lestarikan karena kita orang Bali. Bahasa Indonesia kita laksanakan karena kita adalah bagian dari NKRI dan bahasa asing lainnya cukup kita pelajari,” kata bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Sementara Ketua ST.Wira Dharma I Wayan Adi Santika, mengatakan perayaan HUT ke-40 mengambil tema ‘Bangkit Bersama Majukan Indonesia, Menjunjung Tinggi Bhineka Tunggal Ika’. Tema ini dipilih karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Semoga sekaa teruna sebagai generasi muda nantinya mampu dan bisa memajukan bangsa di masa depan, khususnya harus mampu memajukan Banjar Tauman dengan cara mengembangkan kreativitas dan melaksanakan kegiatan yang memiliki manfaat positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati HUT ke-40 ST, lanjutnya, antara lain adalah jalan sehat, serta berbagai macam perlombaan yang diikuti oleh peserta anak-anak. Seluruh kegiatan lomba dipusatkan di Lapangan Voli Banjar Tauman. @ asa

Komentar