nusabali

TP PKK Badung Ngayah Rejang Giri Putri di Pura Sanatanagama UGM

  • www.nusabali.com-tp-pkk-badung-ngayah-rejang-giri-putri-di-pura-sanatanagama-ugm

MANGUPURA, NusaBali - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Badung ngayah Tari Rejang Giri Putri saat upacara Ngenteg Linggih di Pura Sanatanagama, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, pada Purnama Sasih Jiyestha yang bertepatan dengan Anggara Kliwon (Anggarakasih) Tambir, Selasa (23/4).

TP PKK yang dipimpin oleh Nyonya Seniasih Giri Prasta tersebut juga ngayah Tari Rejang Taman Sari di pura yang mendapat dana hibah sebesar Rp 2 miliar dari Pemkab Badung.

“Rejang Giri Putri merupakan tari kepunyaan Kabupaten Badung. Tetapi kebetulan yang bisa ngayah hanya setengah dari seluruh jumlah PKK Badung, karena bertepatan dengan rahina Purnama, sehingga ada yang memiliki kesibukan masing-masing,” ujarnya Nyonya Seniasih Giri Prasta  didampingi Ketua Gatriwara Badung Nyonya Ayu Suartini Parwata.

Istri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta tersebut mengungkapkan, ini merupakan kali pertama TP PKK Badung ngayah di Yogyakarta. Meski sebelumnya sudah sering ngayah di luar Bali, salah satunya di Lumajang. “Sesuai undangan, jika kami diundang di Pura manapun di Indonesia kami siap ngayah,” ucapnya.

Nyonya Seniasih Giri Prasta berharap dengan adanya Pura Sanatanagama ini akan mempermudah mahasiswa UGM dan masyarakat Hindu sekitar untuk bersembahyang. “Kami punya anak-anak mahasiswa Hindu di sini, dengan adanya Pura Sanatanagama UGM ini mereka bisa menyempatkan untuk sembahyang di sini. Terutama saat hari besar Agama Hindu seperti Galungan, ketika mereka tidak bisa pulang ke Bali, mereka bisa bersembahyang di sini. Ini sangat menguntungkan anak-anak kami yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta,” katanya. @ ind

Komentar