nusabali

Vaksinasi Rabies di Badung Capai 99,38 Persen

  • www.nusabali.com-vaksinasi-rabies-di-badung-capai-9938-persen

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung memastikan 99 persen populasi Hewan Penular Rabies (HPR) telah divaksinasi. Vaksinasi rabies sebagai salah satu upaya mengantisipasi adanya kasus rabies di Gumi Keris, karena merupakan daerah pariwisata dunia.

"Total vaksinasi rabies sampai saat ini mencapai 88.291 ekor dari 89.909 populasi di Badung. Atau sekitar 99,38 persen dari total populasi," ujar Kadis Pertanian dan Pangan Badung, I Wayan Wijana, Sabtu (28/10).

Namun Wijana mengakui, beberapa anjing yang belum divaksinasi umumnya anjing liar atau pemilik anjing tidak ada saat akan dilakukan vaksinasi ke rumah-rumah. Wijana menegaskan, vaksinasi rabies terutama untuk daerah kawasan wisata sudah clear. "Umumnya yang belum tervaksin itu HPR liar dan saat petugas datang pemiliknya tidak ada di rumah. Tapi kita pastikan anjing di sekitar kawasan wisata sudah kita vaksin semua," kata mantan Kabag Organisasi Setda Badung ini.

Lebih lanjut Wijana menambahkan, pihaknya selama ini bersama desa dan kelurahan bekerjasama merancang jadwal vaksinasi di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Badung. Kata Wijana, vaksinasi HPR akan terus dianggarkan mengingat populasi HPR setiap tahunnya harus divaksinasi. "Setiap tahun harus dilakukan vaksinasi HPR. Untuk tahun depan juga sudah kita siapkan anggarannya," pungkas Wijana.ind

Komentar