nusabali

Bupati Giri Prasta Gelontor Bantuan Hibah Rp 47,2 Miliar

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-gelontor-bantuan-hibah-rp-472-miliar

AMLAPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membagikan bantuan hibah secara simbolis, melalui program Angelus Bhuana sebesar Rp 47,2 miliar di Lapangan Umum Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (27/10). Bantuan ini dari APBD Perubahan Pemkab Badung 2023.

Pencairan bantuan didasari pengajuan proposal oleh masyarakat dan telah lolos verifikasi. Bantuan untuk pangempon pura dadia, pura puseh, dan pura padmasana se-Karangasem tersebar di delapan kecamatan. Program Angelus Bhuana atau Badung berbagi, menurut I Nyoman Giri Prasta, dananya melalui penyisihan PHRI (Pajak Hotel dan Restoran) Pemkab Badung. Bantuan ini sempat terhenti gara-gara ada gering agung Covid-19. Tujuan utama memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat,  pemerataan ekonomi, dan pembangunan berkeadilan.

"Kami hadir sebagai upasaksi penyerahan bantuan. Kami berharap dengan adanya bantuan tidak menimbulkan berekses hukum," pesannya.

Cara menghindari dampak hukum atas bantuan ini, katanya, dengan cara tidak melanggar hukum. "Tahun 2024, dan tahun 2025, saya akan bantu lagi, baik melalui APBD induk maupun di APBD perubahan," tambahnya.

Kepala BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Badung Ida Ayu Istriyanti Agustini mengatakan, semua bantuan yang terealisasi sebelumnya melalui pengajuan proposal yang telah terverifikasi. "Pengajuannya melalui proposal, selanjutnya ada verifikasi, ada gambar bangunan, konsultan dan RAB, setelah lengkap kami setujui," katanya.

Sejumlah penerima bantuan hibah, mengapresiasi bantuan dari Pemkab Badung. Rata-rata bantuan untuk rehab pura dadia dan pura puseh. Kelian Pangempon Dadia Tangkas Kori Agung Merjaya, di Banjar Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu I Made Pugir mengaku menerima bantuan Rp 430 juta. "Nanti bantuan itu untuk membangun dua candi, bale pesandekan, dan pewaragen," jelas Made Pugir.

Sedangkan petajuh Desa Adat Kebung, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen, I Wayan Santika mengaku dapat bantuan hibah Rp 655 juta. "Bantuan itu untuk membangun candi gelung kori, dan panyengker," katanya.

Kelian Dadia Pasek Gelgel Pekandelan, di Banjar Tengah, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem I Wayan Pasek, mengaku dapat bantuan Rp 950 juta. "Ini untuk merehab semua palinggih Pura Dadia," katanya.

Kelian Pura Dadia Tangkas Kori Agung di Banjar/Desa Duda, Kecamatan Selat I Komang Kartika, mendapatkan bantuan hibah Rp 915 juta, sedangkan rehab Pura Padmasana, di BTN Taman Asri Jalan Sudirman Amlapura, dapat bantuan Rp 315 juta, bantuan untuk Pura Puseh di Banjar Pejeng, Desa Menanga, Kecamatan Rendang Rp 730 juta dan yang lainnya.7k16

Komentar