nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar Lomba Mading

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-lomba-mading
  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-lomba-mading

AMLAPURA, NusaBali - 25 kelas siswa di SMAN 1 Amlapura adu cerdas mengikuti lomba majalah dinding (mading). Lomba serangkaian acara Bulan Bahasa di Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (24/10).

Pesertanya kelas X dan kelas XI. Setiap kelas wajib membuat satu karya mading. Walau lomba mading baru pertama kali terlaksana, namun pesertanya antusias.

Usai membuat karya mading, langsung melakukan penilaian di bawah koordinasi I Gede Aries Pidrawan, I Dewa Rama Pratama Putra dan Desak Made Sriastini. Tema mading tentang pentingnya literasi.

I Gede Aries Pidrawan mengatakan, banyak karya mading dengan naskah yang sulit terbaca, karena ukuran huruf kecil-kecil, estetika tata letaknya kurang optimal. "Mesti materi tulisan yang tertuang di mading ada sumber beritanya, bukan opini dengan mencari naskah di internet," jelas I Gede Aries Pidrawan.

Tetapi I Gede Aries Pidrawan mengapresiasi semangat siswa membuat mading sesuai kemampuannya menuangkan karya tulis, kemudian menata dalam dinding. Mading itu juga sebagai salah satu media komunikasi dalam bentuk tulisan sederhana berisi informasi dengan menggunakan sebuah papan informasi.

Tujuan lainnya untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, mengasah kecerdasan berpikir, melatih kemampuan menulis, memperluas wawasan, dan meningkatkan kualitas pendidikan literasi.

Sebab dengan membuat mading memerlukan materi, maka untuk mendapatkan materi mesti membaca referensi terlebih dahulu di buku dan di internet.

Rata-rata mading karya siswa itu tidak berisi salam redaksi, tidak ada susunan redaksi. Padahal tiap mading hasil karya tim beranggotakan 3 siswa.

I Gede Aries Pidrawan mengakui, sebelum lomba, belum berikan pembekalan, teknis membuat mading, dan tidak beri kisi-kisi, teknis buat mading termasuk menyangkut tata letak, pewarnaan, dan hiasan. Dia mempersilakan siswa agar bebas berkarya, selanjutnya akan melakukan evaluasi.

Ketua Tim Mading Kelas XI/1 Ni Kadek Winda Purnama Putri mengatakan, sebelum lomba tidak ada pembekalan dari dewan juri. "Kami buat mading, sesuai inovasi saya sendiri, tidak ada referensinya, karena lomba ini baru pertama terlaksana," jelas Ni Kadek Winda Purnama Putri.

Lomba mading merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kualitas literasi, nantinya puncak acara pengumuman pemenang, Sabtu (28/10). Puncak Lomba juga ada Pemilihan Jegeg-Bagus SMAN 1 Amlapura 2023.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengatakan, kegiatan bulan bahasa bertujuan untuk meningkatkan pendidikan literasi dari berbagai upaya. "Salah satunya dengan menggelar lomba mading, juga lomba baca puisi, bercerita dan lain-lain," jelasnya.7k16

Komentar