nusabali

Ditinggal Nyaleg, 3 Desa Dipimpin Pj

  • www.nusabali.com-ditinggal-nyaleg-3-desa-dipimpin-pj

Made Widana dan Dewa Putu Kencana maju dari dapil Tampaksiring, sementara Made Andika di dapil Ubud.

GIANYAR, NusaBali 
Tiga perbekel di Kabupaten Gianyar mengundurkan diri. Ketiganya yakni Perbekel Manukaya Dewa Putu Kencana, Perbekel Tampaksiring I Made Widana, dan Perbekel Sayan I Made Andika. Mereka mengundurkan diri karena mencoba peruntungan sebagai calon legislatif DPRD Kabupaten Gianyar dalam Pemilu 2024. Sebagai gantinya, tiga desa yang ditinggal nyaleg oleh perbekelnya, kini dipimpin penjabat (Pj) perbekel.

Pemberhentian perbekel sekaligus pengangkatan 3 penjabat perbekel berlangsung di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Selasa (24/10). Surat Keputusan pengangkatan 3 Pj perbekel diserahkan oleh Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa. Tiga perbekel yang nyaleg ini telah mengajukan surat tertulis pengunduran dirinya kepada Pj Bupati Gianyar dengan alasan maju sebagai calon DPRD Kabupaten Gianyar. 

Mantan Perbekel Tampaksiring I Made Widana dan mantan Perbekel Manukaya Dewa Putu Kencana maju dari daerah pemilihan (dapil) Tampaksiring. Mantan Perbekel Desa Sayan I Made Andika maju sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Gianyar dapil Ubud. “Surat pengunduran diri telah disampaikan secara tertulis dengan alasan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Gianyar pada Pemilu tahun 2024,” ujar Tagel Wirasa.

Tagel Wirasa menjelaskan, walaupun secara periodesasi jabatan ketiga perbekel belum berakhir, namun sesuai aturan perundang-undangan, pemberhentian perbekel dan pengangkatan penjabat perbekel adalah kewenangan kepala daerah. Mengisi kekosongan jabatan tersebut perlu diangkat penjabat perbekel yang berasal dari ASN. Pj perbekel yang dilantik merupakan putra daerah dari desa bersangkutan. 

I Kadek Sukariada asal Banjar Manukaya Let yang juga menjabat Kasi Pemerintahan di Kecamatan Tampaksiring ditunjuk sebagai Pj Perbekel Manukaya. Pj Perbekel Tampaksiring diisi oleh Ida Bagus Putu Budi asal Banjar Geria yang juga staf sosial di Kantor Camat Tampaksiring. Pj Perbekel Sayan dijabat oleh I Ketut Gede Kesumawijaya asal Banjar Penestanan Kaja yang juga Pejabat Fungsional pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. 

Tagel Wirasa mengucapkan terima kasih atas dedikasi para perbekel yang telah mengabdikan dirinya demi kepentingan desa. Penjabat perbekel diingatkan harus mampu melaksanakan tugas secara profesional, terencana, terukur, terpadu dengan penuh inovasi. “Saya harap saudara segera berkoordinasi dengan BPD, tokoh masyarakat, dan lembaga kemasyarakatan di desa sehingga dapat bersinergi dan berkoordinasi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan,” pinta Tagel Wirasa. 7 nvi

Komentar