nusabali

Marquez Respon Positif Sprint Race Dibatalkan

  • www.nusabali.com-marquez-respon-positif-sprint-race-dibatalkan

PHILLIP ISLAND, NusaBali - Rider Repsol Honda, Marc Marquez bereaksi positif atas pembatalan sprint race MotoGP Australia 2023. Marquez menilai akan berbahaya jika sprint race tetap digelar .

Marquez juga memuji keputusan penyelenggara yang menukar jadwal balapan utama dengan sprint race. Alhasil, balapan sebanyak 27 lap tersebut tetap bisa digelar pada Sabtu (21/10).

Jika tidak, tentunya para penonton yang sudah datang ke sirkuit akan semakin kecewa. Pasalnya, mereka akan batal menyaksikan aksi penuh para pembalap jagoan.

“Sayangnya, kami tidak bisa balapan pada hari Minggu karena kondisi cuaca,” ujar Marquez, kepada Speedweek, Minggu (22/10).

“Tapi penyelenggara melakukan tugasnya dengan baik dengan memajukan balapan utama ke hari Sabtu. Itu memungkinkan kami untuk menampilkan balapan normal,” kata Marquez, seperti dilaporkan OkeSport.

The Baby Alien -julukan Marquez- pun mengakui bahwa cuaca memang tak memungkinkan lagi untuk menggelar sprint race MotoGP Australia 2023. Padahal menurutnya, saat sesi pemanasan kondisinya masih memungkinkan.

“Prakiraan cuaca hari Minggu sangat buruk. Saat pemanasan masih bisa diterima dan oke, tapi belakangan angin jadi kencang sekali. Berbahaya dalam kondisi seperti ini, terutama dengan aerodinamis yang saat ini menjadi ciri motor kami,” ujar juara MotoGP enam kali itu.

Ya, sesi sprint race MotoGP Australia 2023 batal digelar pada Minggu (22/10). Penyebab, cuaca yang buruk menerjang Sirkuit Phillip Island.

Pihak penyelenggara sendiri telah membuat memutuskan memindahkan balapan utama satu hari lebih awal sehingga masih dapat digelar. 

Namun balapan Moto2 terpaksa dihentikan lebih awal oleh race director, tepatnya pada lap 10. Sebab, kondisi air yang menggenang serta angin kencang yang melanda Sirkuit Phillip Island membuat banyak pembalap mengalami kecelakaan. 

Embusan angin pun semakin kencang bertiup di trek sepanjang 4,4 km itu. Alhasil, akhirnya sprint MotoGP Australia 2023 yang rencananya berlangsung dalam 13 lap terpaksa batal dilaksanakan. MotoGP 2023 selanjutnya akan digelar di Sirkuit Buriram, Thailand, pada 27-29 Oktober. *

Komentar