nusabali

Mega Mohon Doa Seluruh Rakyat Indonesia

Daftarkan Ganjar-Mahfud ke KPU, Pasangan Amin Diiringi Pawai

  • www.nusabali.com-mega-mohon-doa-seluruh-rakyat-indonesia

Ganjar-Mahfud memulai rangkaian pendaftaran dari Tugu Proklamasi untuk bertemu dan menyampaikan pidato politik di hadapan para pendukung dan relawan

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersama Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT), dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), mendaftarkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai pasangan Capres-Cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada, Kamis (19/10). Megawati pun, meminta doa kepada seluruh rakyat Indonesia agar pasangan tersebut bisa terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk mewujudkan kemajuan tanah air.

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Kamis siang, sekitar pukul 12.30 WIB. Ganjar mengenakan atasan berwarna hitam, sementara Mahfud mengenakan kemeja putih berjalan bersama-sama menuju pintu utama Kantor KPU RI.

Ganjar dan Mahfud sebelum masuk dan naik ke Lantai 2 Kantor KPU RI menyempatkan diri menyapa awak media yang menunggu di dekat pintu. Keduanya menunjukkan bawaan masing-masing, Ganjar membawa buku bergambar ilustrasi dirinya dan Mahfud, sementara Mahfud membawa kertas putih yang dibingkai di dalamnya ada QR Code. Rombongan Ganjar-Mahfud memulai rangkaian pendaftaran dari Tugu Proklamasi. Di sana, keduanya bertemu dan menyampaikan pidato politik di hadapan para pendukung dan relawan.

"Guna memenuhi amanat konstitusi bahwa Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diusung oleh partai politik atau gabungan Partai Politik, maka pada kesempatan ini, kami PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo yang telah bersama-sama menyepakati untuk mengusung Bapak Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dan Profesor Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden," kata Megawati di hadapan Komisioner KPU RI di Gedung KPU, Jakarta Pusat. Megawati mengajak semua elemen masyarakat untuk membantu kemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Sebab, keduanya menggelorakan harapan baru bagi rakyat Indonesia. Keduanya akan mempercepat kemakmuran dan daya unggul bangsa dan telah satu komitmen dalam menegakkan keadilan. Putri Proklamator RI Bung Karno ini menyampaikan, bahwa Ganjar dan Mahfud MD dikenal luas sebagai sosok yang jujur, bersih, berpengalaman lengkap, dengan kualitas kepemimpinan yang mumpuni. "Kepada mereka berdua, harapan baru Indonesia Raya diletakkan dan supaya nyata. Ketua KPU, para komisioner, dan hadirin sekalian dan sekali lagi seluruh rakyat Indonesia yang saya cintai, seluruh dokumen persyaratan telah kami input ke aplikasi Silon Capres-Cawapres yang telah difasilitasi KPU," jelas Megawati. Selain itu, partai politik pendukung juga membawa dokumen fisik yang diperlukan sebagai bagian prosedur pendaftaran pasangan calon.

"Selanjutnya, kami percayakan pada KPU untuk melakukan seluruh verifikasi terhadap dokumen-dokumen tersebut. Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan penyelenggara pemilu," imbuh Megawati. Pada kesempatan itu, Megawati juga mengapresiasi atas berbagai kemajuan yang telah dilakukan oleh KPU, Bawaslu, dan DKPP, sehingga proses pendaftaran ini dapat berjalan dengan baik.

"Kami berharap agar pemilu benar-benar dapat dilaksanakan lebih demokratis, jujur, adil, langsung, umum, dan bebas dan rahasia, serta menempatkan rakyat sebagai pemenang kedaulatan tertinggi di dalam menetukan pemimpin nasionalnya secara bebas dan merdeka," kata Megawati. Ikut mendampingi pendaftaran Ganjar-Mahfud Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PPP Arwani Thomafi, Sekjen Hanura Kodrat Syah, dan Sekjen Perindo Ahmad Rofiq juga hadir di lokasi. Dalam pidatonya, Ganjar menyatakan, dengan visi misi serta program yang sudah disusun dan disiapkan, akan membawa Indonesia lebih maju.

"Kami beserta istri hadir di sini untuk menyerahkan dokumen bersama partai pengusung dan tentu saja bapak ibu dari komisioner KPU sudah menerima lengkap. Mudah-mudahan menjadi awal legalitas dipenuhi, dan Insya Allah saya dan Pak Mahfud melalui visi misi dan program yang sudah kita siapkan akan cepat membawa Indonesia maju lebih lincah lagi, dan tentu mohon dorongan kepada masyarakat," kata Ganjar.

Ganjar pun yakin KPU akan jadi wasit yang netral. Bahkan bisa memberikan pelayanan yang terbaik. "Dan tentu mohon dorongan kepada masyarakat dan mudah-mudahan KPU menjadi wasit yang Insya Allah pasti paling netral, pasti paling bisa memberikan layanan terbaik dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara," jelas Ganjar.

Sementara Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, bahwa dokumen pensyaratan capres-cawapres mereka lengkap. "Dan sudah kami periksa, untuk dokumen persyaratan bakal pasangan calon yang didaftarkan pada hari ini. Kami nyatakan lengkap dokumennya," kata Hasyim. Tahap berikutnya, lanjut Hasyim, adalah melakukan verifikasi. Selain itu, pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. "Insya Allah akan dilakukan pada hari Ahad, tanggal 22 Oktober 2023 bertepatan dengan hari Santri. Jadi jadwalnya sudah dijawalkan," kata Hasyim.

Sebelum pendaftaran pasangan Ganjar-Mahfud, pada Kamis kemarin pasangan bakal capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung Koalisi Perubahan (NasDem, PKB dan PKS) terlebih dahulu lakukan pendaftaran ke KPU RI.

Foto: Pasangan bakal Capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyalami para pendukungnya saat melakukan pawai menuju KPU RI di Jakarta, Kamis (19/10). -ANTARA

Pasangan Anies-Muhaimin Iskandar (Amin) resmi mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di KPU RI, Kamis kemarin sekitar pukul 10.13 WIB, Anies-Muhaimin secara simbolis menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di ruangan utama Kantor KPU RI. Dari dalam ruangan itu terdengar teriakan ‘Amin’ yang cukup keras hingga terdengar dari luar ruangan.

Anies-Muhaimin memasuki ruang pendaftaran dengan didampingi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum PKS Ahmad Syaikhu, dan Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid. Anies-Muhaimin menjadi bakal pasangan capres dan cawapres yang pertama kali mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024, Kamis kemarin. Kedatangan pasangan Amin ke KPU diiringi pawai dan peragaan budaya, mulai dari ondel-ondel, barongsai, drum band, hingga jawara Betawi. Arak-arakan tersebut datang dari arah Taman Suropati menuju Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Rombongan pawai budaya tersebut berada di paling depan setelah petugas pembuka jalan. Mereka berjalan perlahan sambil menampilkan budaya yang mereka bawa.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan orasi kebangsaan usai mendaftarkan diri ke KPU RI. Anies terlebih dahulu menyampaikan orasinya di depan para pendukung dan simpatisan di depan kantor KPU pada pukul 11.00 WIB setelah menyelesaikan pendaftaran tersebut.

"Teman-teman semua yang saya hormati yang saya banggakan hadir bersama kita semua para tokoh-tokoh relawan yang hadir bersama kita datang dari berbagai penjuru Indonesia khusus untuk mengantarkan pendaftaran ini," kata Anies di hadapan para pendukungnya di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta. Dalam orasinya, ia mengatakan bahwa pasangan Anies-Gus Imin (Amin) optimistis membawa perubahan dan akan menghadirkan kesejahteraan bagi Indonesia. "Hari ini kami sampaikan ke publik luas kepada seluruh rakyat Indonesia, jangan pernah ragu lagi mari bergabung bersama kami dalam gerakan perubahan. Buat yang kemarin masih meragukan apakah kapal yang dibangun ini akan belayar. Maka Anda saksikan hari ini layarnya berkembang tinggi dan amat luas. Segeralah bergabung ke kapal ini semangat perubahan dan kita akan mengarungi bahtera Indonesia yang adil untuk semua," ujar Anies. 7 k22, ant

Komentar