nusabali

Atlet Binaraga Badung Berjaya di Ajang IFBB Australia

  • www.nusabali.com-atlet-binaraga-badung-berjaya-di-ajang-ifbb-australia

MANGUPURA, NusaBali - Atlet binaraga Badung Yosua Pratama, 26, menuai prestasi saat berlaga di ajang The International Fitness and Bodybuilding Federation (IFBB) Mr Universe Western Australia 2023, di Perth Australia, Minggu (15/10). Yosua sukses meraih juara II setelah bersaing dengan 6 atlet asal Australia.

Usai berlaga di Australia, Yosua kembali ke Pulau Dewata pada Selasa (17/10). Ditemui saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yosua Pratama mengaku senang bisa mempersembahkan medali. Meski hanya menempati posisi kedua, namun dia merasa bangga bisa bersaing dengan atlet dari Australia. “Ini satu kebanggaan bagi saya bisa mempersembahkan medali ini untuk Indonesia, Bali dan Kabupaten Badung,” ujarnya.

Pemuda yang berdomisili di Lingkungan Umahanyar, BTN Lukluk, Kecamatan Mengwi ini menuturkan sebelum berlaga di Australia, semua persiapan telah dilakukan selama satu tahun. Selain semua persiapan yang dilakukan, dukungan dari keluarga diakui menjadi pemompa semangat untuk bisa meraih yang terbaik.

“Sebelum berlaga, semuanya sudah saya persiapkan. Namun tetap bagi saya dukungan dari keluarga sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri saya, sehingga sukses meraih medali,” ucap putra pertama dari tiga bersaudara pasangan I Nyoman Suirka dan Nurmi Gultom ini.

Lebih lanjut, Yosua yang juga menjadi personal trainer ini menambahkan, juara II tingkat internasional yang diraih merupakan pengalaman luar biasa. Yosua pun mengaku akan terus meningkatkan kemampuan dan bisa meraih juara dunia.

“Saya berharap, untuk kemajuan olahraga di Bali agar terus dikembangkan. Terutama untuk potensi atlet muda agar juga harus diarahkan dan dibimbing, sehingga melalui olahraga juga akan membantu perkembangan ekonomi Bali,” ucap mahasiwa Jurusan Ekonomi Universitas Udayana ini.

Terkait prestasi yang diraih putra asal Badung ini, Ketua Umum Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Kabupaten Badung Ida Bagus Wisnawa Kesuma SE MM, Rabu (18/10) menyampaikan apresiasi atas capaian yang diraih Yosua. “Boleh dikatakan, Yosua ini merupakan atlet binaraga pendatang baru di Bali. Meski pendatang baru, namun dia ternyata memiliki semangat dan tekad untuk maju dan berkembang. Tentu ini sangat bagus sekali,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, Yosua sebelumnya sudah masuk tim binaraga Kabupaten Badung pada Porprov tahun 2022 dan sukses memperoleh medali perunggu. Dengan hasil juara II yang diperoleh di Australia, menurutnya ini menunjukan peningkatan yang luar biasa. “Kami sangat bangga terhadap prestasi yang dicapai Yosua di Australia. Dia atlet binaraga pendatang baru di Bali, tetapi dia mampu menunjukkan kemampuannya dengan sangat baik,” ucapnya. @ ind

Komentar