nusabali

Awal November, 500 Ribu Rice Cooker Dibagikan Gratis

  • www.nusabali.com-awal-november-500-ribu-rice-cooker-dibagikan-gratis

JAKARTA, NusaBali - Kebijakan pemerintah bagi-bagi 500 ribu cooker telah berjalan. Jika sesuai rencana, rice cooker ini akan didistribusikan ke masyarakat mulai awal November 2023.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menerangkan, program bagi-bagi rice cooker sudah berjalan. Program yang berjalan maksud Dadan ialah pemerintah telah menyiapkan anggaran dan aturannya.

Dadan mengatakan, saat ini tengah berlangsung proses pengadaan, Dia bilang, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan produsen mampu memenuhi kebutuhan rice cooker ini.

Menurut Dadan, Kemenperin telah menyampaikan jika produsen mampu memenuhi kebutuhan rice cooker ini. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan berbagai perusahaan logistik untuk pengiriman.

"Sudah jalan itu anggaran kan sudah ada, project sudah ada, Permen sudah ada," katanya di Kementerian ESDM Jakarta, seperti dilansir detikcom, Minggu (15/10).

"Sekarang lagi proses pengadaan. Kita pakai e-katalog rencananya, kita sudah komunikasi dengan Kementerian Perindustrian memastikan ada atau tidak, bisa atau tidak dibuat kan ini harus dibuat dalam waktu 3 bulan ini, 3 bulan kurang sekarang dan sudah ada kepastian dari sana bisa," sambungnya.

Dadan mengatakan, jika pengadaan berjalan lancar maka rice cooker ini bakal didistribusikan mulai awal November. Dia mengatakan, tujuan dari program ini salah satunya untuk menekan impor LPG.

"Mungkin awal November sudah ya. Sudah awal November sudah mulai di distribusi. Jadi ini tujuannya tadi yang sering saya sampaikan untuk dorong pemanfaatan energi di rumah tangga, geser keperluan LPG yang sekarang impor kan, listrik dari dalam negeri," katanya. 7

Komentar