nusabali

Perseroda BMB Cek Fisik PLTS Kayubihi

  • www.nusabali.com-perseroda-bmb-cek-fisik-plts-kayubihi

BANGLI, NusaBali - Perseroda (Perusahaan Perseroan Daerah) BMB (Bukti Mukti Bhakti) Bangli mengecek keberadaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli. Pengecekan tersebut melibatkan Kementerian ESDM.

Seperti diketahui, keberadaan PLTS tersebut menjadi sumber pendapatan. Mengingat produksi listrik dijual ke PLN. Namun demikian, hasil produksi listrik belum bisa memberikan keuntungan (deviden). Karena  hasil produksi listrik yang dijual hanya mampu untuk menutup biaya operasional usaha. Sejak beberapa bulan, cukup banyak panel yang rusak sehingga listrik yang dihasilkan semakin menurun.

Direktur Perseroda BMB Bangli Anak Agung Wibawa Putra saat dikonfirmasi, mengatakan PLTS menjadi salah satu fokus yang dikembangkan tahun ini. Melihat kondisi saat ini, maka dilakukan pengecekan guna memastikan kondisi keseluruhan PLTS tersebut. 

Menurut Agung Wibawa, pengecekan yang dilakukan dalam rangka menentukan langkah dalam perawatan PLTS ke depan. "Selain itu untuk menentukan budget, low cost, medium cost dan high cost," ungkapnya Selasa (16/4).

Lanjutnya, untuk pengecekan sudah berjalan sejak pertengahan Maret 2024. Pengecekan mengandeng tenaga dari Kementerian ESDM. "Dengan jumlah alat pengecekan dan SDM, proses pengecekan kurang lebih memerlukan waktu 2 bulan," jelasnya.

Disinggung terkait penyertaan modal untuk Perseroda BMB, Agung Wibawa menyampaikan modal dari pemerintah daerah direncanakan pada APBD Perubahan 2024. 7esa

Komentar