nusabali

2 Hari, 5 Lokasi di Karangasem Terbakar

  • www.nusabali.com-2-hari-5-lokasi-di-karangasem-terbakar

AMLAPURA, NusaBali - Selama dua hari terakhir, Sabtu dan Minggu (14 - 15 Oktober), di Karangasem terjadi kebakaran di lima lokasi. Di antaranya, kebakaran di hutan Gunung Agung kembali terjadi di Tempek Munduk Abian, Banjar Buana Kusuma, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Minggu (15/10).

Pantauan dari petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem di bawah koordinasi Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa, luas hutan lindung yang terbakar mencapai 730 hektare, sejak Rabu (27/9). Lokasi ini meliputi Banjar Belong, Desa Ban di Kecamatan Kubu, Banjar Daya, Desa Ban, di Kecamatan Kubu, menyusul di Banjar Dukuh, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, hingga ke Banjar Nusu, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu.

Ida Bagus Ketut Arimbawa memperkirakan kebakaran akan terus terjadi di wilayah hutan Gunung Agung bagian timur. Karena cuaca masih panas, semak-semak kering dan tiupan angin cukup kencang. "Selama ini kami lebih banyak melakukan pemantauan, jika petugas mampu menjangkau ke lokasi, melakukan pemadaman secara manual," jelasnya.

Sedangkan kebakaran lahan kebun bambu terjadi Banjar Taman Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, di dekat kandang ayam dan pemukiman. Warga yang melaporkan kebakaran itu, I Made Rudia, petugas yang menerima laporan I Wayan Suardana. Kebun bambu yang terbakar mencapai 40 are dari luas 1 hektare, setelah tertangani 12 petugas pemadam kebakaran, hingga menghabiskan 14.000 liter air. 

Kebakaran lahan juga menimpa di Banjar Bukit Paon, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Sabtu (14/10) pukul 11.33 Wita, menghanguskan lahan sekitar 1 hektare. Warga setempat I Nyoman Lanus yang melaporkan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem, petugas yang menerima laporan I Wayan Eka Putra. Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika yang mengkoordinasikan 13 petugas mendatangi lokasi kejadian diangkut 4 unit kendaraan.

Mengingat luasnya lahan yang terbakar, agar tidak meluas ke lahan sekitarnya, pemadaman hingga menghabiskan 27.000 liter air. Petugas bolak-balik mengambil di selokan Jalan Sudirman Amlapura untuk memadamkan kebakaran lahan tersebut. "Kami sampai bolak balik ambil air, untuk memadamkan kebakaran lahan," jelas I Wayan Putu Darma Kartika.

Perbekel Bhuana Giri I Nengah Diarsa mengatakan, yang terbakar tanaman rumput gajah milik warga Banjar Bukit Paon. "Semua yang terbakar rumput gajah, kerugiannya tidak bisa hitung," kata I Nengah Diarsa.

Di bagian lain, Perbekel Ban, Kecamatan Kubu, I Gede Tamu Sugiantara melaporkan terjadi kebakaran rumah warga milik Ni Wayan Cita, di Banjar Pucang pukul 04.00 Wita. Pemadaman mengandalkan bantuan warga setempat secara manual.

Satu lagi kebakaran rumah terjadi di Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu, milik I Gede Suarta. Rumah ukuran 7 meter x 6 meter, yang terbakar berisi satu kamar tamu, dan satu kamar tidur, akibat kebakaran seluruh isi rumah terbakar perkiraan kerugian mencapai Rp 80 juta. Korban I Gede Suarta sementara pindah berdomisili ke rumah orangtuanya. Karena rumahnya ludes terbakar. Petugas BPBD Karangasem mendatangi lokasi kejadian dengan menyerahkan bantuan berupa selembar matras, selembar selimut, selembar sarung, dan sabun mandi. 7k16

Komentar