nusabali

KPU Buleleng Terima 6.500 Bilik Suara

  • www.nusabali.com-kpu-buleleng-terima-6500-bilik-suara

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 6.500 buah bilik suara Pemilu 2024 diterima KPU Buleleng. Ribuan bilik suara itu diangkut truk besar dari Denpasar kemudian ditempatkan di gudang KPU Buleleng, Jalan Dewata III, Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Sabtu (14/10).

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, distribusi logistik Pemilu 2024 akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Tahap pertama, KPU menerima bilik suara. “Ini belum semua, kebutuhan bilik suara di Buleleng sebanyak 9.100 buah untuk 2.275 TPS. Yang datang hari ini (kemarin,red) baru 6.500 buah, sisanya akan dikirimkan tahap selanjutnya,” ucap Dudhi. 

Setelah bilik suara genap diterima, distribusi logistik selanjutnya adalah kotak suara, lalu menyusul surat suara. Surat suara akan dikirim setelah Daftar Calon Tetap (DCT) diumumkan. Menurut Dudhi untuk logistik Pemilu 2024, terdiri dari dua sumber pengadaan. Untuk bilik suara, kotak suara, surat suara DPD, DPRD Provinsi dan surat suara DPRD Kabupaten pengadaannya oleh KPU Provinsi Bali. Sedangkan surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI pengadaannya langsung di KPU Pusat. 

Sementara itu untuk mengantisipasi kekurangan tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024 mendatang, KPU Buleleng telah menyewa dua gudang yang masih dalam satu areal. Dua gudang itu dipastikan cukup untuk menampung seluruh logistik Pemilu 2024. 

“Kami masih pakai gudang lama (Pemilu 2019,red) tetapi ditambah satu bangunan lagi sehingga ada 2 bangunan yang disewa. Semuanya masih satu areal. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan seluruh pengiriman logistik semuanya lancar sampai pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang,” terang pejabat asal Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, ini. k23

Komentar