nusabali

WHDI Karangasem Lantik Pengurus Kecamatan Manggis

  • www.nusabali.com-whdi-karangasem-lantik-pengurus-kecamatan-manggis

AMLAPURA, NusaBali - WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) Karangasem mematangkan konsolidasi ke kecamatan. Langkah ini ditandai dengan Ketua WHDI DR Ni Nyoman Supadmi mengukuhkan kepengurusan WHDI Kecamatan Manggis.

Pengukuhan dilakukan di Aula Sabha Langa, Kantor Camat Manggis, Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (11/10).

Konsolidasi tersebut dilaksanakan setelah pengurus WHDI Karangasem menggelar upacara Majaya-jaya, di Pura Jagatnatha Karangasem, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Redite Pahing Pahang, Minggu (3/9).

"Kami terus melakukan pembenahan internal organisasi agar WHDI semakin solid dan kuat dalam pembangunan di bidang spiritual dengan memberdayakan kaum ibu-ibu," jelas Dr Supadmi yang juga Kasek SMK Widya Wisata Graha Amlapura ini.

WHDI, lanjut Dr Supadmi, merupakan lembaga wanita Hindu Indonesia yang mendorong kesetaraan gender. Tugas pokok WHDI yakni meningkatkan kesadaran berkarya melalui pembentukan ketahanan mental dan fisik.

Di samping itu, meningkatkan kesejahteraan material dan spiritual dalam kedudukannya sebagai umat Hindu, aktif ambil bagian di dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara sesuai hakekat wanita. "WHDI juga sebagai lembaga untuk menghimpun pemikiran wanita Hindu dalam mendukung Pembangunan dan sebagai wujud dharma bakti umat Hindu," jelasnya.

Dalam implementasi, kata Dr Supadmi, WHDI bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, dan pendidikan. "Kami berharap agar WHDI kecamatan lain, yang masa kepengurusannya telah berakhir, agar kembali menggelar musyawarah kecamatan untuk penyegaran pengurus," harapnya.

Kepengurusan di WHDI Kecamatan Manggis kembali menetapkan guru Agama Hindu SDN 1 Nyuhtebel Ni Wayan Lateri sebagai ketua. Ketu aini didukung Wakil Ketua Ni Luh Ayu Meytarini, Sekretaris Ni Putu Ayu Agustistayani, Bendahara Ni Made Sudari, Ketua Bidang Agama Desak Made Alit Armini, Ketua Bidang Organisasi Ni Nyoman Budi Parwati, Ketua Bidang Ekonomi Ni Wayan Budiati, Ketua Bidang kebudayaan Ni Wayan Sutiasih dan Ketua Bidang Sosial Ni Wayan Darmini.

Ketua Bidang Organisasi Ni Nyoman Budi Parwati mengatakan, idealnya yang masuk struktur WHDI itu dari guru Agama Hindu. "Saya juga siap membesarkan organisasi WHDI Kecamatan Manggis, walau bukan sebagai guru Agama Hindu," jelas Kasek SDN 3 Antiga Kelod, Kecamatan Manggis.

Pengukuhan pengurus WHDI Kecamatan Manggis untuk masa bhakti 2023-2028 dengan 30 orang. Mereka dari 12 desa se-Kecamatan Manggis, yakni Desa Tenganan, Pesedahan, Nyuhtebel, Sengkidu, Ngis, Selumbung, Manggis, Ulakan, Padangbai, Antiga, Antiga Kelod, dan Gegelang.7k16 

Komentar