nusabali

Tim Jurnalistik SMAN 1 Amlapura Juara II Mading Nasional

  • www.nusabali.com-tim-jurnalistik-sman-1-amlapura-juara-ii-mading-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Tim Jurnalistik Tika Smansapura SMAN 1 Amlapura, meraih Juara II Kompetisi Mading Kompas Tingkat Nasional 2023, edisi September 2023. Peringkat ini naik dari prestasi sebelumnya untuk tim ini, yakni juara III edisi Agustus 2023.

"Tekad kami, juara I, sisa dua edisi, Oktober, dan November 2023," jelas Ni Made Desi Awidya dan Kadek Bayu Pradnyana siswa kelas XII IPA3, kepada NusaBali di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai,  Amlapura, Senin (9/10).

Judul mading dalam lomba mading September, Darurat Literasi, Mengapa dan Bagaimana. Itu artinya menurut Desi Awidya, begitu pentingnya literasi agar tidak terjadi miskomunikasi di masyarakat. Judul mading itu menyesuaikan dengan temanya, Pentingnya Literasi.

Tetapi di dalam mading itu menampilkan jurnal, hasil tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), dalam karya berjudul, Darurat Literasi di Sekolah. "Di luar dugaan, prestasi kami ada peningkatan, dari sebelumnya, Agustus meraih juara III dan September meraih juara II. Ini lomba dilaksanakan setiap bulan, puncaknya November 2023," lanjut Desi Awidya, peraih gelar Jegeg Karangasem 2023.

Desi Awidya maupun Kadek Bayu Pradnyana dan tim, mempersiapkan lomba edisi Oktober 2023. Tim Tika Smansapura SMAN 1 Amlapura terdiri dari lima siswa, yakni Kadek Bayu Pradnyana kelas XII IPA3, Putu Jeany Rania Maharani kelas XII IPA3, Ni Made Desi Awidya kelas XII IPA3, I Gede Suta Kumara kelas XI/4 dan I Komang Priyanka Supanji kelas XI/2, di bawah guru pembina I Gede Aries Pidrawan.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengatakan pelaksana Lomba Mading ini Kompas, berlangsung selama 10 bulan, Februari - November 2023. Tiap bulan ada lomba dengan tema berbeda-beda, pesertanya beregu, dengan anggota 3 - 5 siswa. Tiap regu hanya boleh mengirim satu karya mading, isi dan konten mading wajib sesuai tema mading. Dalam mading itu, tertuang kutipan, mesti sesuai sumber yang jelas. Di dalam karya mading, minimal mengunggah 4 foto, yakni foto mading secara keseluruhan, foto tim penyusun karya mading, foto proses pembuatan mading, foto siswa dan foto pendukung. ‘’Ketentuan lain, tidak boleh bertentangan dengan kasusilaan, SARA, dan pornografi,’’ ujarnya.

SMAN 1 Amlapura sebagai juara II, di bawah juara bertahan SMA Santo Kristoforus 2 Jakarta Barat, dan mengungguli juara III SMA Katolik Ricci 2 Kabupaten Tangerang Selatan, Banten. Lomba ini dengan dewan juri Suherman pegiat literasi, Susie Berindra Wartawan Kompas, dan Luvi Arvianto desainer grafis Kompas. "Saya mengapresiasi semangat siswa, untuk terus berkarya. Semoga di akhir lomba menjadi yang terbaik," harapnya.7k16

Komentar