nusabali

STY Pimpin Latihan Perdana

Duel Indonesia dan Brunei di Kualifikasi Piala Dunia

  • www.nusabali.com-sty-pimpin-latihan-perdana

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia menggelar latihan perdana di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin (9/10). Latihan tersebut sebagai persiapan laga leg pertama ronde pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei Darussalam.

Sebanyak 26 pemain termasuk tiga pemain tambahan, Fachruddin Aryanto, Hokky Caraka, dan Dzaky Asraf, mengikuti latihan perdana yang langsung dipimpin pelatih kepala Shin Tae-yong (STY). Pola latihan diawali dengan seluruh pemain melakukan peregangan otot sambil duduk di matras, yang dilanjutkan satu kali lari kecil mengelilingi lapangan.

Latihan berlanjut kembali dengan peregangan otot yang kali ini dilakukan sambil berdiri dan kemudian diteruskan dengan latihan passing bola-bola pendek yang dikombinasikan dengan gerakan. Setelah itu, para pemain membuat tiga lingkaran untuk berlatih rondo.

“Jadi latihan hari ini latihan pemulihan saja karena banyak pemain yang setelah selesai pertandingan baru datang (dari klub) juga dan ada juga pemain-pemain yang datang dari luar negeri lama di perjalanan,” jelas STY, tentang latihan selama 60 menit itu.

Dari beberapa pola latihan yang diterapkan pada hari ini, satu pemain yaitu Edo Febriansyah tidak turut serta karena terlihat cedera. Pemain Persib itu menepi di pinggir lapangan dan hanya menyaksikan rekan-rekannya berlatih sambil memegangi tumit kanannya.

Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dahulu di leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei Darussalam. Laga digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10) malam, pukul 20.00 WITA. Sedangkan laga Leg kedua di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada Selasa (17/10) malam, pukul 20.15 WITA.

Jika menang dan lolos dari ronde pertama, Indonesia akan masuk babak penyisihan grup ronde kedua, Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Pada ronde kedua, Indonesia harus finis sebagai dua teratas untuk lolos ke ronde ketiga dan kian dekat ke pintu Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dengan diikuti 48 tim.

Sementara itu, bek tengah Elkan Baggot menilai timnas Garuda berkembang pesat di bawah pelatih STY. Elkan debut di timnas senior melawan Afghanistan dalam laga ujicoba 16 November 2021. 

Sejak debutnya, kata Elkan, permainan timnas saat ini jauh berkembang di bawah pelatih asal Korea Selatan tersebut. “Saya melihat dari segi performa telah banyak berubah,” kata Elkan, Senin.

Saat dia debut, Indonesia di peringkat 166 dan kini setelah berjalan hampir dua tahun, Garuda terbang ke peringkat 147. Elkan sendiri mengoleksi 16 caps bersama timnas senior dan empat caps bersama timnas kelompok umur. ant

Komentar