nusabali

4 Camat Bersaing Rebut Jabatan Pimpinan Tinggi

  • www.nusabali.com-4-camat-bersaing-rebut-jabatan-pimpinan-tinggi

AMLAPURA, NusaBali - Empat camat bersaing memperebutkan jabatan pimpinan tinggi (PJT) pratama atau setingkat eselon IIb. Dari jumlah itu, dua camat memperebutkan jabatan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Karangasem.

Dua camat lainnya memperebutkan jabatan Kadis Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata. Total, empat jabatan yang dilelang.

Hal itu terungkap di sela-sela kegiatan tes wawancara di Aula Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem,Kota Amlapura, Rabu (4/10).

Panitia seleksi lelang jabatan yang menggelar tahapan tes terakhir di bawah koordianasi Sekdakab I Ketut Sedana Mertha, Sekretaris Kepala BKPSDM I Komang Agus Sukasena, anggota Sekda Gianyar Dewa Alit Mudiarta, akademisi I Wayan Minggu Widiantara dan I Wayan Dwija. Ada juga pengawasan langsung dari Ombudsman perwakilan Bali.

Sekretaris Pansel I Komang Agus Sukasena memaparkan, tes wawancara merupakan yang terakhir dengan 18 peserta. Sebelumnya, telah melakukan  seleksi administrasi, rekam jejak, dan tes assessment Senin (25/9) di Denpasar.

Tes assessment itu katanya menyangkut kompetensi managerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosiokultural.

Tes wawancara kemarin, pukul 08.00 Wita,17.00 Wita, tiap peserta dapat kesempatan memaparkan makalahnya sekitar 20 menit, berlanjut menjawab pertanyaan pansel. "Nanti hasil tes wawancara kami gabung dengan hasil tes administrasi, rekam jejak dan assessment, pansel menetapkan tiga besar di tiap jabatan yang kami lelang," jelasnya.

Katya Agus Sukasena, pansel kemudian mengeluarkan hasil dan mengusulkan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), Jumat (6/10). "Nanti KASN mengeluarkan rekomendasi, apakah seleksinya sesuai tahapan atau tidak, jika mendapatkan rekomendasi, tes sesuai tahapan, berlanjut PPK (pejabat pembina kepegawaian) menetapkan pejabatnya," tambahnya.

Foto: Peserta lelang jabatan berbincang usai menjalani tes wawancara di Kantor BKPSDM Karangasem di Kota Amlapura, Rabu (4/10).. -NANTRA

Empat camat yang melamar jabatan pimpinan tinggi pratama, yakni Camat Karangasem Ida Nyoman Astawa melamar jabatan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, bersaing dengan Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata. Sedangkan jumlah pelamar memperebutkan jabatan Kadisnaker, ada lima orang.

Camat Abang Artha Negara memperebutkan jabatan Kadis Kominfo, dan Camat Manggis Putu Eddy Surya Artha memperebutkan jabatan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar).

"Melamar mesti optimis, menduduki jabatan eselon IIb," jelas Camat Manggis Putu Eddy Surya Artha.

Kabag Organisasi Setdakab Karangasem Cokorda Alit Surya Prabawa juga mengaku optimis memenangkan jabatan Kadis Budpar. "Kan harus optimis," ucapnya singkat.

Pesaingnya Kabag Kesra dan Tata Pemerintahan Setdakab Karangasem Ni Made Laba Dwi Karini, juga mengaku optimis, walau di awal tes mengaku sedikit grogi. "Ya, namanya juga tes dalam penilaian, ada sedikit groginya," ujar mantan Sekcam Selat.

I Ketut Prama Budarta, yang kali ini menjabat sebagai Kabid Cipta Karya Dinas PUPR, juga melamar jabatan Kadisbudpar. "Ya, kan ada kaitannya, karena Cipta Karya juga mengurus cagar budaya," jelas Prama Budarta.

Tercatat yang paling sering ikut lelang jabatan, adalah Kabag Ekonomi Setdakab Karangasem I Made Hadi Susila, kali ini melamar jabatan Kadis Budpar. Hadi Susila menduduki jabatan eselon IIIa, sejak tahun 2005.

Dari 18 pelamar tersebut, yakni untuk jabatan Kadis Ketenagakerjaan 5 pelamar, jabatan Kadis Kominfo 4 pelamar, Kadis Perhubungan 4 pelamar dan Kadis Budpar 5 pelamar.7k16

Komentar