nusabali

Perbekel Wajib Bersinergi dengan Camat

  • www.nusabali.com-perbekel-wajib-bersinergi-dengan-camat

Perbekel menjadi bagian dari aparatur pemerintahan, bersama-sama menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 14 perbekel dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Senin (25/9). Belasan perbekel yang telah dilantik di Gedung Kesenian I Ketut Maria diminta untuk mengenal potensi desanya untuk membangun Tabanan. Terlebih lagi perbekel yang ada di Tabanan wajib bersinergi dengan camat. 

Pelantikan 14 perbekel ini berlangsung sekitar pukul 10.00 Wita. Selain dihadiri Bupati Tabanan, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan juga hadir di lokasi bersama sejumlah Kepala OPD di jajaran Pemkab Tabanan. 

Bupati Sanjaya menyatakan bahwa, perbekel dan perangkat desa serta seluruh masyarakat harus saling bahu-membahu, bergotongroyong dan bersama-sama menggali potensi dan sumber daya desa serta memahami kondisi wilayahnya. Desa harus punya data yang jelas dan valid mulai dari data berapa warga miskin di desanya, data potensi wilayah serta data pendukung lainnya. "Ini untuk menyusun perencanaan pembangunan desa yang dalam 3 bulan ke depan," jelasnya. 

Disebutkan, dilantiknya perbekel terpilih hari ini sebagai wujud resminya perbekel menjadi bagian dari aparatur pemerintahan, bersama-sama untuk menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya berharap, perbekel terpilih dapat menjalin komunikasi, koordinasi dan mensinergikan potensi dan program pemerintah desa dengan program Pemerintah Kabupaten yang diterima Desa dengan sinergitas, menjadi salah satu pilar kokohnya dalam menentukan kemajuan dan pembangunan desa serta pembangunan Kabupaten Tabanan," harap Sanjaya.

Dia juga menjelaskan, melalui program unggulan Bunga Desa, atau Bupati Ngantor di Desa, menjadi salah satu program inovasi pemerintah daerah yang bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mendekatkan pemerintah kabupaten dengan masyarakat. Menyerap aspirasi dan permasalahan yang ada di desa, serta mendorong inovasi dan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan. Bagi Sanjaya program baik dari pusat, provinsi hingga kabupaten sangatlah beririsan. “Programnya saling beririsan, ini menjadi atensi kita, kerja bareng, kerja kolaborasi, kerja bersama-sama. Dan terpenting harus bersinergi dengan camat," pintanya. 

Di akhir acara dia pun mengucapkan selamat kepada perbekel yang dilantik. Diharapkan dalam menjalankan tugas, bekerjalah dengan giat, jujur, inovatif, profesional dan bertanggung jawab demi terwujud pembangunan desa yang berorientasi pada upaya kemandirian dan kemajuan perekonomian masyarakat desa. 7des

Komentar