nusabali

Mahasiswa Undiksha Tanam Ratusan Pohon Aren

Jaga Kelestarian Gula Pedawa

  • www.nusabali.com-mahasiswa-undiksha-tanam-ratusan-pohon-aren

SINGARAJA, NusaBali - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan (PPK Ormawa HMJ) Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja melakukan kegiatan reboisasi pohon aren di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Selain menjaga keberlangsungan kelestarian hutan, kegiatan ini juga sebagai upaya menjaga kelestarian gula pedawa sebagai produk olahan khas Desa Pedawa, yang bahan bakunya berasal dari pohon aren.

Ketua tim PPK Ormawa HMJ Bahasa Asing Undiksha Singaraja, Purwakaluh Sri Tantra Kharisma Dewi menjelaskan ini salah satu program utama PPK Ormawa yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan kali ini menyasar Desa Pedawa, dengan pertimbangan Desa Pedawa terkenal dengan Gula Pedawa.

"Karena dahulu Desa Pedawa identik dengan Gula Pedawa namun saat ini populasi pohon arennya menurun, maka dari li kami dari mahasiswa ingin menguatkan kembali ciri khas dari Desa Pedawa dan juga karena Desa Pedawa adalah termasuk desa wisata," terang Purwakaluh, Rabu (4/10) siang.

Ada ratusan pohon aren yang akan ditanam sepanjang bulan ini secara berkala hingga akhir bulan. Bahkan ke depan, pihaknya akan melakukan pemantauan pertumbuhan pohon yang ditanam. "Kami tidak ingin hanya sekadar seremonial semata. Kami akan melakukan pengecekan, agar program yang dirancang tepat sasaran," tandasnya.

Sementara itu, Pembina Komunitas Balawa (Bali Aga Pedawa) Arya Kekan menyampaikan, reboisasi yang dilakukan tidak hanya menghijaukan hutan di Desa Pedawa, melainkan ikut  membantu menjaga kelestarian pohon aren sebagai bahan utama pembuatan Gula Pedawa. Kata dia keberadaan pohon aren kini terus berkurang karena sebagian besar lahan di desa sudah beralih fungsi.

"Kegiatan ini berguna untuk menyadarkan generasi muda agar bersama-sama melakukan penanaman pohon aren. Selain itu, pohon aren harus tetap dilestarikan yang nantinya bermanfaat bagi peningkatan produktivitasnya," tandasnya. 7mzk

Komentar