nusabali

Pangdam Pimpin Ziarah Nasional di TMP Pancaka Tirta

  • www.nusabali.com-pangdam-pimpin-ziarah-nasional-di-tmp-pancaka-tirta

DENPASAR, NusaBali - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi pimpin kegiatan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Banjar Taman Sari, Desa Delod Peken, Tabanan, Rabu (4/10). Ziarah ini digelar menjelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Tahun 2023.

Ziarah ini sebagai wujud hormat dan bhakti serta mengenang jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rangkaian Upacara Ziarah Nasional diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di Monumen TMP Pancaka Tirta diakhiri penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan.

Selanjutnya Pangdam bersama para peserta upacara menuju pusara para pahlawan untuk melaksanakan tabur bunga. Ziarah Nasional diakhiri dengan pengisian buku tamu oleh Pangdam IX/Udayana selaku Pimpinan Ziarah. Pangdam berharap pada usia ke-78 ini TNI makin kuat bersama rakyat.

Pangdam mengatakan ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ini juga dimaknai agar sebagai generasi penerus bangsa selalu ingat dan meneladani jiwa perjuangan maupun pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa.

Kemanunggalan TNI-Rakyat harus terus terbina dan diperkuat sebagai satu kekuatan dalam menjaga kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.pol

Komentar