nusabali

Puluhan ASN di Gianyar Diduga Terima Bantuan Kemensos

  • www.nusabali.com-puluhan-asn-di-gianyar-diduga-terima-bantuan-kemensos

GIANYAR, NusaBali - Sekitar 61 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Gianyar diduga tercantum sebagai penerima bantuan Kementerian Sosial RI.

Kadis Sosial Gianyar Anak Agung Gde Putrawan tak menampik informasi itu. Jenis bantuan tersebut tidak terpaku pada satu jenis bantuan saja, namun semua jenis bantuan program kementerian. Dinsos Gianyar sedang melakukan penelusuran dan verifikasi data.

“Saat ini kami sedang melakukan rapat terkait temuan tersebut. Nanti teknisnya sama kabid, datanya juga belum," jelas Agung Putrawan, Selasa (3/10). Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus karena ASN tidak diperbolehkan menerima bantuan dari Kemensos.

Informasi di lapangan sekitar 61 ASN diduga menerima bantuan dari Kemensos. Mereka tersebar di berbagai instansi. Selain ASN yang menjadi temuan, sebanyak 15 pemilik usaha dan 946 pekerja penerima upah (PPU) di atas upah minimum provinsi (UMP) juga menerima bantuan Kemensos. 

Para penerima bantuan itu pun terancam mengembalikan bantuan yang diterima. Jika hasil verifikasi menyatakan kondisi yang tidak sesuai dengan temuan, maka hasil verifikasi disampaikan via aplikasi SIKS-NG dengan menyertakan data pendukung yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota selambat-lambatnya tanggal 5 Oktober. Jika sebelum tanggal itu tidak ada verifikasi, data temuan itu dianggap benar akan diproses lebih lanjut. 7 nvi

Komentar