nusabali

Siaga Pemilu 2024, Polda Bali Gelar Latihan Sispamkota

  • www.nusabali.com-siaga-pemilu-2024-polda-bali-gelar-latihan-sispamkota

DENPASAR, NusaBali.com - Kepolisian Daerah Bali menggelar latihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin (2/10/2023). Latihan ini digelar untuk memaksimalkan persiapan personel pengamanan dari satuan tugas gabungan Polda Bali, Kodam IX/Udayana, Forkopimda, dan juga masyarakat adat.

Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan, Sispamkota ini dilakukan untuk mengecek peralatan dan menyimulasikan situasi yang sebenarnya.

"Latihan ini untuk persiapan kita menjelang Pemilu Serentak 2024," kata Kapolda.

Dalam latihan ini, diperagakan beberapa adegan pengamanan, seperti pengamanan kampanye, penjagaan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) bahkan jika ada terjadi kericuhan, pengamanan unjuk rasa, penanganan aksi terorisme, penangkapan pelaku penyanderaan, serta penjarahan kantor KPU.

Kapolda mengatakan, latihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa personel pengamanan siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama Pemilu 2024.

"Kami ingin menunjukkan bahwa Polri yang nantinya akan berkolaborasi dengan TNI dan seluruh stakeholder siap melaksanakan kegiatan pengamanan tahapan Pemilu 2024," kata Kapolda.

Kapolda juga mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Bali untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pemilu 2024.

"Kita sudah sering melaksanakan kegiatan internasional dan jelas mapingnya. G20 aman dan lancar. Antisipasi sudah, bukan hanya di lokasi, di sekitar itu juga sudah disterilkan udara maupun di perbatasan lautan," kata Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Komisaris Besar Polisi Jansen Avitus Panjaitan menambahkan, Polda Bali akan mengerahkan sebanyak 800 personel untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024. Jumlah tersebut akan bertambah dengan menyesuaikan keadaan di lapangan.

"Kami akan mengerahkan seluruh kekuatan untuk mengamankan Pemilu 2024," kata Jansen.*ant

Komentar