nusabali

KPU Bali Uji 77 Bakal Calon KPU Kabupaten/Kota

  • www.nusabali.com-kpu-bali-uji-77-bakal-calon-kpu-kabupatenkota

DENPASAR, NusaBali.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali menggelar uji kelayakan dan kepatutan (FPT) kepada 77 bakal calon anggota KPU kabupaten/kota se-Bali, kecuali Klungkung. FPT dilakukan secara tertutup di Four Star by Trans Hotel, Denpasar, selama empat hari, 1-5 Oktober 2023.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, hasil FPT akan direkomendasikan kepada KPU RI untuk ditetapkan sebagai calon anggota KPU kabupaten/kota. Masing-masing kabupaten/kota akan ditetapkan lima calon anggota KPU.


"Proses FPT ini direkam. Kemudian, akan dikirim ke KPU RI bersamaan dengan surat rekomendasi yang kami keluarkan. Keputusan finalnya tetap berada di KPU RI," ujar Lidartawan.

Dari 8 kabupaten/kota, hanya Kabupaten Badung yang memiliki 7 peserta seleksi sampai tahapan ini. Tiga peserta seleksi Anggota KPU Badung tidak lolos pada tes kesehatan.
Penguji dalam FPT ini adalah Komisioner KPU Bali yang mewakili KPU RI. Materi yang diuji meliputi kepemimpinan, wawasan kebangsaan, dan lain-lain.

Sebanyak 40 calon anggota KPU kabupaten/kota terpilih nantinya akan menjalani orientasi tugas selama 3-5 hari di kamp militer Resimen Induk Kodam Jayakarta, Pasar Rebo, Jakarta Timur.*rat

Komentar