nusabali

Panyineban Usaba Kapat 3 Pura Puseh di Selat

  • www.nusabali.com-panyineban-usaba-kapat-3-pura-puseh-di-selat

AMLAPURA, NusaBali - Upacara Panyineban Usaba Kapat di Pura Puseh, Banjar Adat Pegubugan, Pura Puseh, Banjar Adat Bambang Biaung, dan Pura Puseh, Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, berlangsung pada Saniscara Wage Tambir, Sabtu (30/9). Upacara ini ditandai pementasan tari Rejang Dewa hingga prosesi ritual terasa lebih khusyuk.

Usaba Kapat di Desa Adat Duda itu terpusat di Pura Puseh Desa Adat Duda. Mengingat di Banjar Adat Pegubugan dan Banjar Adat Bambang Biaung juga punya Pura Puseh, maka Usaba Kapat juga dilaksanakan di Pura Puseh tersebut.

Baik di Pura Puseh Desa Adat Duda, Pura Puseh Banjar Adat Bambang Biaung, dan di Pura Puseh, Banjar Adat Pegubugan, sama-sama menggelar upacara Panyineban, dengan mementaskan tari Rejang. Karena saat itu ada upacara Pangrejangan.

Upacara Nyineb di Pura Puseh, Banjar Adat Pegubugan dipuput Ida Pedanda Istri Rai Taman, dari Griya Taman, Banjar Adat Pegubugan, Desa Adat Duda. Sedangkan di Puar Puseh, Desa Adat --Duda katuran Ida Pedanda Gede Karang Ngenjung dari Griya Blagung, Banjar/Desa Duda.

Di Banjar Adat Pegubugan, upacara Pangrejangan sekaligus Nyineb, di bawah koordinasi Kelian Banjar Adat Pegubugan I Wayan Mudiasa. Usai Pamuspaan bersama, dilanjutkan mementaskan tari Rejang, bersamaan dengan Ida Bhatara mabiasa keliling tiga kali di mandala Pura Puseh, di utama mandala, dan jaba tengah. Disusul, menggelar tarian Pendet, Mabuang, dan Nyeraman.

Selanjutnya, upacara Nyineb Ida Bhatara di Pura Dalem, Pura Pajenengan, linggih Ida Bhatara Sakti matapakan barong dan di Pura Puseh, hingga malam. Karena Ida Bhatara dari Pura Puseh, Pura Pajenengan, Ida Bhatara Sakti, juga katuran saat Usaba Kapat. “Ini Usaba Kapat, berlangsung secara rutin, setiap tahun, puncaknya di Purnama Kapat,” jelas Mudiasa.

Bendesa Adat Duda I Komang Sujana mengatakan pusat dari pelaksanaan Usaba Kapat di Pura Puseh, Desa Adat Duda. Berawal upacara Melasti ke Pantai Buitan, Desa/Kecamatan Manggis, Redite Umanis Merakih, Minggu (17/9), berlanjut Pamiyosan pertama pada Saniscara Paing Merakih, Sabtu (23/9), Pangrejangan pertama pada Anggara Kliwon Tambir, Selasa (26/9), Pamiyosan kedua pada Sukra Pon Tambir, Jumat (29/9), dan Pangrejangan kedua langsung Nyineb, Saniscara Wage Tambir, Sabtu (30/9). “Selain di Pura Puseh Desa Adat Duda, warga di Banjar Pegubugan dan Banjar Bambang Biaung yang punya Pura Puseh, juga menggelar Usaba Kapat,” jelas Sujana.

Selama upacara Pamiyosan dan Pangrejangan, kata Sujana, banyak warga yang naur sasangi (bayar kaul) atau utang secara niskala. Pihak Desa Adat Duda telah mengatur jadwal warga yang naur sasangi sehingga semuanya bisa dilayani.7k16

Komentar