nusabali

Temui Nelayan di Kedonganan, Kaesang Serap Aspirasi

  • www.nusabali.com-temui-nelayan-di-kedonganan-kaesang-serap-aspirasi

MANGUPURA, NusaBali.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengunjungi kelompok nelayan di kawasan Mangrove, Kedonganan, Kuta, Badung pada Minggu (1/10/2023). Dalam kesempatan itu, Kaesang melihat aktivitas para nelayan, sekaligus berdialog untuk mendengar aspirasi para perwakilan kelompok nelayan tersebut.

Pada momen itu pula, putra bungsu Presiden RI itu juga turun dan menelusuri kawasan yang dikelola oleh Kelompok Nelayan Segara Ayu. Momen itu pun dijadikan kesempatan bagi para nelayan untuk menuangkan harapan kepada anak orang nomor satu di Indonesia itu.


“Kami berharap kepada Mas Kaesang untuk membuatkan kanal bagi para nelayan serta jalan inspeksi. Fungsi kanal itu nantinya agar bisa dilalui oleh para nelayan yang hendak melaut, jadi para nelayan tidak lagi berkejaran dengan waktu naik pasang surut air laut,” ungkap Wakil Ketua Kelompok Nelayan Segara Ayu, I Ketut Adi Suila pada Minggu (1/10/2023).


Sementara kanal yang diusulkan itu nantinya akan dibuat sedalam 1 meter dengan lebar 8 meter dan panjang sekitar 600 meter. Sehingga anggota kelompok nelayan bisa memiliki akses 24 jam. Di sisi lain pihaknya juga mengusulkan jalan inspeksi yang berfungsi untuk melakukan pengawasan keberadaan mangrove di sana. Jalan inspeksi itu pun akan dibuat menggunakan kayu besi dengan panjang 600 meter juga.


“Jalan inspeksi sangat dibutuhkan untuk menunjang pemantauan kami di sini. Apalagi, kami bisa turun cek keseluruhan kawasan mangrove ini bisa tiga hingga empat kali dalam seminggu," tambahnya.


Namun, disinggung keyakinannya soal berapa persen aspirasi tersebut biasa terealisasi, Suila mengatakan dirinya legowo soal hal itu.


“Kami tidak mengharapkan, kalau dikasih ya bagus, kalau tidak ya tidak kenapa. Yang terpenting kami sudah berusaha untuk menyampaikan aspirasi ini,” ungkap dia.


Di sisi lain Suila juga mengaku sangat senang atas kunjungan dari Kaesang Pangarep ke kawasan Mangrove yang berada di pantai sebelah timur Kedonganan itu. Sebab, kunjungan itu bisa sekaligus memperkenalkan Kelompok Segara Ayu agar dikenal lebih luas dan lebih maju lagi ke depannya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep mengatakan kalau yang dibutuhkan oleh kelompok nelayan Segara Ayu itu sudah seharusnya diakomodir oleh semua pihak. Sehingga dirinya berharap agar permintaan dari kelompok nelayan itu bisa segera terealisasi.


“Dengan demikian, para nelayan bisa memiliki akses melaut selama 24 jam dalam sehari,” katanya singkat setelah ditemui usai mengecek kawasan mangrove. *ris








Komentar